sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Minggu, 15 Mar 2020 12:30 WIB

Cegah corona, Zenius dan Cakap dukung pembelajaran online

Setelah terdapat kebijakan dari beberapa Pemda untuk menghentikan sementara aktivitas bersekolah, kini Zenius dan Cakap dukung pembelajaran siswa di rumah.

Cegah corona, Zenius dan Cakap dukung pembelajaran online
Source: Pexels

Zenius Education telah menggratiskan akses ke 80.000 video pembelajaran di seluruh platform-nya, untuk memudahkan akses para siswa belajar di rumah secara mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN). Hal ini juga menjadi respons kebijakan dari beberapa Pemda untuk menghentikan sementara aktivitas bersekolah, dan pertimbangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN). 

“Dalam kondisi saat ini, Zenius berupaya mengerahkan seluruh upaya terbaik kami untuk mendukung kebijakan pemerintah yang sementara waktu harus melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Selain dapat diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dengan format whiteboard yang memerlukan kuota internet paling hemat, sehingga diharapkan dapat memudahkan akses seluruh siswa kelas 1 sampai 12 untuk belajar mandiri dan mempersiapkan diri untuk menghadapi UN," kata Chief Executive Officer Zenius Education, Rohan Monga. 

Selain itu, Zenius juga menyediakan akses latihan soal untuk pembelajaran mandiri siswa. Para guru juga dapat membagikan konten berupa video pembelajaran serta latihan soal tersebut kepada siswa dan orang tua murid, melalui berbagai platform media sosial. 

Diketahui hingga Maret 2020, Zenius telah memiliki lebih dari 80.000 video pembelajaran untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA sesuai kurikulum nasional. Tak hanya itu, perusahaan juga menyediakan materi latihan soal serta pembahasan kumpulan soal-soal UN. Oh iya, seluruh materi ajar tersebut bisa diakses pengguna secara gratis dalam program #SemuaBisaZenius yang diluncurkan pada Desember 2019 silam.

Selain Zenius, perusahaan ed-tech Cakap juga telah menyatakan kesiapannya untuk menyediakan online platform sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Dengan menggunakan metode interaksi dua-arah yang didukung oleh teknologi, Cakap mengembangkan solusi layanan untuk pendidikan, atau biasa disebut Education As A Service (EAAS).

"Kesehatan tetap harus diutamakan ditengah merebaknya pandemi COVID-19 ini. Dengan teknologi dibidang pendidikan yang kami kembangkan, diharapkan dapat membantu kegiatan belajar mengajar secara aman melalui pembelajaran jarak jauh. Kami siap membantu pemerintah, lembaga pendidikan dan juga masyarakat Indonesia untuk melawan COVID-19 dengan menyediakan teknologi dan akses belajar secara daring," kata CEO Cakap, Tomy Yunus. 

Share
×
tekid
back to top