sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 30 Apr 2024 12:08 WIB

Microsoft gelontorkan investasi Rp25 triliun untuk Indonesia di bidang cloud dan AI

Pada acara Microsoft Build: AI Day Jakarta, Chairman dan CEO Microsoft, Satya Nadella umumkan investasi sebesar Rp25 triliun untuk memajukan bidang cloud dan AI di Indonesia.

Microsoft gelontorkan investasi Rp25 triliun untuk Indonesia di bidang cloud dan AI

Chairman dan CEO Microsoft, Satya Nadella baru saja mengumumkan akan menggelontorkan investasi bernilai triliunan rupiah di Indonesia. Investasi ini akan difokuskan untuk membantu mendorong kemajuan bidang cloud dan juga di bidang AI.

Pengumuman investasi ini diumumkan Satya pada acara Microsoft Build: AI Day Jakarta yang diadakan pada Selasa (30/4). “Kami akan menginvestasikan USD1,7 miliar (sekitar Rp25 triliun) selama empat tahun kedepan untuk membangun infrastruktur cloud dan AI di Indonesia,” papar Satya.

Investasi ini juga menjadi salah satu investasi tunggal terbesar di Indonesia selama 29 tahun perusahaan tersebut ada di Indonesia. Namun, selain akan menggelontorkan investasi, Satya juga mengatakan perusahaan piranti lunak asal Amerika tersebut juga akan membuat inisiatif-inisiatif untuk membantu mencapai visi Indonesia Emas 2045.

“Generasi baru AI ini mengubah cara hidup dan bekerja setiap orang di mana pun, termasuk di Indonesia,” ungkap Satya. “Investasi yang kami umumkan hari ini – yang mencakup infrastruktur digital, keterampilan, dan dukungan bagi para developer – akan membantu Indonesia untuk terus melaju di era baru ini.”

Kejutan kembali dilontarkan oleh Satya pada akhir presentasinya. Dia mengungkapkan, Microsoft juga akan memberikan peluang keterampilan AI bagi 2,5 juta orang di negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) hingga tahun 2025. 

Pelatihan dan dukungan ini akan diberikan melalui kemitraan dengan pemerintah, organisasi nirlaba dan korporat, serta komunitas di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, serta Vietnam.

Komitmen keterampilan Microsoft diharapkan dapat memberikan manfaat bagi 840.000 orang di Indonesia dengan menyediakan:

  • Pelatihan keterampilan AI kepada siswa sekolah menengah kejuruan melalui program AI TEACH for Indonesia
  • Peluang dan dukungan untuk membangun karir di bidang keamanan siber bagi perempuan melalui Program Ready4AI and Security
  • Pelatihan kefasihan AI untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan kerja bagi generasi muda dari komunitas yang kurang terlayani dan kurang terwakili
  • Pengetahuan dan keterampilan di bidang AI dan teknologi digital untuk karyawan organisasi nirlaba
Share
×
tekid
back to top