sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Selasa, 18 Jul 2023 15:00 WIB

realme 11 Pro+ 5G, elegan dengan kamera 200MP

realme secara resmi meluncurkan realme 11 Pro+ 5G dengan kehadiran kamera 200MP yang dapat menghasilkan foto jernih dalam kondisi apapun.

realme 11 Pro+ 5G, elegan dengan kamera 200MP

Banyak yang bilang resolusi kamera menentukan kualitas hasil foto yang diambil. Meski ada orang yang tidak setuju dengan pernyataan ini, namun pada kenyataannya besaran resolusi kamera akan meningkatkan hasil ketajaman gambar, apa lagi kita berencana untuk mencetaknya di ukuran besar atau melakukan cropping zoom secara jernih.

Melihat peluang ini, realme pun menghadirkan smartphone baru, yakni realme 11 Pro+ 5G di Indonesia. Keunggulan yang diusung oleh smartphone yang satu ini adalah memiliki kamera beresolusi 200MP yang tak hanya gimmic belaka, namun mampu menghadirkan foto yang tajam.

Penasaran bukan seperti apa sih pengalaman kami dalam menggunakan smartphone yang satu ini? Kalau penasaran, pastikan kalian simak artikel ini sampai habis ya!

Desain kece, tampil premium

Sebelum kami mulai membahas soal kamera dan performanya, kami akan mulai dari desainnya terlebih dahulu. Soalnya, ada yang beda dari realme 11 Pro+ 5G dengan pendahulunya. Kini, smartphone ini hadir lebih elegan dengan balutan Premium Lychee Vegan Leather Design dengan stitching kece serta hadirnya kamera berbentuk bulat yang ada di tengah atas belakang perangkat.

Ada dua pilihan warna, yakni Sunrise Beige dan Oasis Green. Nah kebetulan kami dapat yang pilihan warna Oasis Green. Kami pun sangat tertarik dengan warna ini karena memberikan kesan yang lebih premium.

Desain realme 11 Pro+ 5G dibuat bersama dengan Matteo Menotto, yang merupakan mantan desainer grafis dan tekstil Gucci. Ini menunjukkan bahwa realme ingin membawa kesan premium bagi muda-mudi yang ingin terlihat mempesona di segala kesempatan.

Berbicara mengenai premium, layar yang digunakan oleh smartphone ini juga dapat menampilkan pengalaman menonton yang premium. Mereka menggunakan panel OLED yang memiliki 100% DCI-P3 Color range yang memiliki akurasi warna tinggi.

Refresh rate yang ditawarkan hingga 120Hz, dengan touch sampling rate 360Hz serta 1260Hz instantaneous sampling, dimana cocok bagi para gamer kompetitif. Hadir juga sertifikasi HDR 10+ yang membuat layarnya terang saat digunakan.

Saat digunakan bermain gim, tidak terasa input lag sama sekali. Layarnya juga nyaman digunakan dalam waktu yang lama karena memiliki layar lengkung di sisinya yang membuat pegangan tangan jadi ergonomis.

Untuk menanggulangi miss-click karena layarnya yang melengkung, mereka menggunakan X-touch Anti-mistouch Algorithm 2.0 yang telah diupgrade dengan meningkatkan akurasi dan response rate hingga 40 persen. Selain itu, ada juga HyperVision Mode yang memberikan peningkatan kualitas gambar video yang terdepan.

Performa kece, bisa diajak gaming berjam-jam

Beralih ke performa, realme 11 Pro+ 5G hadir dengan SoC Mediatek Dimensity 7050. Seperti diketahui, ini merupakan salah satu SoC premium dan bertenaga yang ditawarkan untuk smartphone flagship.

Untuk varian RAM dan penyimpanan, smartphone ini hadir dengan konfigurasi RAM dan penyimpanan .RAM 12+12 GB Dynamic RAM dengan penyimpanan 512GB.

 

 

Kami pun menguji smartphone ini menggunakan beberapa benchmark, seperti yang kalian bisa lihat di atas. Jika berbicara hasil benchmark realme 11 Pro+ 5G dengan smartphone lain di kelasnya, hasilnya bisa dibilang cukup mengesankan.

Selama pengujian, kami tidak melihat adanya lag atau penurunan performa meski telah kami uji beberapa kali tanpa ada jeda. Performanya stabil sehingga kalian tidak akan mengalami lag meski menggunakan smartphone ini untuk beraktivitas.

Dan untuk pengalaman bermain gim sendiri, kami sudah mencoba beberapa gim populer. Kami mencoba beberapa gim populer saat ini, seperti Honkai: Star Rail, Genshin Impact, PUBG, Mobile Legends, dan beberapa gim lain untuk mencoba performanya.

Selama pengujian, kami menggunakan pengaturan grafis medium dengan fps cap di 60fps. Dan saat kami melakukan pengujian game, tidak ada penurunan fps ataupun lag yang berarti dalam jangka waktu 2 jam lebih. Jadi, smartphone yang satu ini tidak hanya mewah dalam hal desain dan kamera, namun juga sangat nyaman untuk bermain gim.

Nah, untuk baterai sendiri, dalam pengujian PCMark 10 Battery Test, smartphone ini dapat bertahan hingga 14 jam 50 menit. Dan saat dipakai untuk menonton video streaming selama 2 jam, baterainya turun sekitar 12 persen.

Pengisian dayanya juga sangat cepat. Untuk mengisi daya baterai 5000mAh yang ada di smartphone ini, dengan pengisian daya 100W SUPERVOOC, kami hanya membutuhkan waktu 36 menit. Dalam 5 menit smartphone ini dapat terisi 14 persen dari 1 persen. Sedangkan dalam 20 menit kami dapat mengisi daya 58 persen.

Kamera 200MP dengan 4x SuperZoom pertama di smartphone

Nah pada akhirnya kita sampai di menu utama dari smartphone yang satu ini, yakni di sisi kamera. Seperti diketahui, realme 11 Pro+ 5G hadir dengan kamera 200MP dengan 4x SuperZoom pertama di dunia. Ini mengukuhkan posisi mereka sebagai salah satu pemegang inovasi kamera smartphone terdepan di dunia.

Sensor 200MP yang dipakai oleh realme di realme 11 Pro+ 5G juga bukan sembarang sensor. Mereka menggunakan sensor Samsung ISOCELL HP3 yang sudah ditingkatkan. Hadir juga dukungan 4x lossless SuperZoom yang membantu menghadirkan tampilan foto yang tajam.

Kamera 200MP ini hadir dengan sensor super besar 1/1.4 inci dengan aperture besar F/1.69. Dengan ukuran sensor besar dan aperture yang lebar, kami dapat menghasilkan foto yang jernih dan juga terang.

Ada dua mode pixel binning di smartphone ini, tergantung dengan situasi pencahayaan. Sensornya dapat menyesuaikan diri dengan mode piksel 4-in-1 atau 16-in-1, dimana mengonversi mode 0,56μm 200MP menjadi mode 1,12μm 50MP yang sesuai untuk lingkungan yang gelap, atau mode 2,24μm 12,5MP yang sesuai untuk lingkungan yang sangat gelap.

Kami pun mencoba mode 200MP yang hadir di realme 11 Pro+ 5G. Kami sangat puas dengan apa yang ditawarkan oleh realme, karena foto yang kami dapatkan sangat crisp dan menampilkan warna yang sangat cerah.

Bukan hanya cerah, namun hasil foto yang kami dapatkan juga sangat tajam. Selain itu, kami juga mencoba menangkap gambar di malam hari, dan hasil yang kami dapatkan pun minim noise dan memiliki detail yang sangat luar biasa.

Kami pun mencoba melakukan zoom ke beberapa foto yang sudah kami ambil. Dikarenakan menggunakan mode 200MP, kami pun mencoba melakukan cropping zoom dengan melakukan pembesaran 4x. Dan seperti kalian bisa kalian lihat di atas, hasil detail yang didapatkan setelah melakukan zoom masih sangat baik.

Tulisan yang ada di foto pun tidak terlihat pecah, masih sangat dapat terbaca dengan jelas. Ditambah lagi, kemampuan HDR dari kamera realme 11 Pro+ 5G ini pun sangat baik karena meski tulisan yang kami crop memiliki cahaya, namun masih bisa terlihat dengan jelas.

Selain kamera utama 200MP, realme 11 Pro+ 5G juga hadir dengan dua kamera tambahan, yakni kamera ultrawide 8 MP f/2.2 serta kamera macro 2 MP f/2.4. Kemampuan kedua kamera lain juga berhasil membuat kami terkagum.

Untuk kamera ultrawide, kami dibuat kagum karena realme dapat melakukan fine tune dengan baik karena bisa menghasilkan level detail dan warna yang sama dengan kamera utamanya. Hal ini sering kali kami tidak temukan di smartphone lain di kisaran harga serupa.

Sedangkan untuk kamera macro-nya, hasil foto yang diberikan oleh smartphone ini juga tak tanggung-tanggung. Hasil gambarnya detail dengan tetap memberikan warna natural sehingga dapat menghasilkan foto yang akurat.

foto macro

Beralih ke fitur bokeh, kami juga mendapatkan pengalaman mengambil gambar yang cukup memuaskan dengan smartphone ini. Hasil bokeh yang ditawarkan sangat rapih dan memiliki detail yang sangat baik.

Nah di mode bokeh juga terdapat fitur 2x Portrait Mode. Mode ini memberikan 2x golden portrait focal length, yang paling mendekati dan konsisten dengan persepsi visual mata manusia. 

Algoritma SLR Portrait mampu mendeteksi latar belakang pada foto dengan lebih baik sehingga membuat objek yang Anda foto lebih menonjol. Ditambah dengan dukungan algoritma AI beauty, tekstur kulit pada objek foto Anda juga akan terlihat lebih halus dan natural.

Satu lagi nih fitur yang sangat kami suka di smartphone realme, yakni kehadiran fitur street, dimana menawarkan berbagai macam filter yang sangat menarik. Nah, di realme 11 Pro+ 5G ini, realme menggandeng Lonely Planet sebagai Global Photography Partner yang menghadirkan tiga filter khusus.

Seperti yang bisa kalian lihat dari ketiga foto diatas, tiga filter yang ditawarkan oleh realme bisa mengubah aura foto menjadi sangat unik. Ini berarti, kalian tidak memerlukan editing apapun sebelum dilempar ke media sosial.

Dan tak ketinggalan, saat menggunakan mode ini, ada fitur Auto-zoom Technology. Fitur ini  secara akurat dapat mengidentifikasi area klik pengguna dan secara cerdas mencocokkan area komposisi, membentuk komposisi foto yang ideal.

Sedangkan untuk hasil foto selfie, realme membekali smartphone yang satu ini dengan kamera 32MP. Hasil fotonya tetap tajam, meski digunakan di keadaan pencahayaan yang kurang baik. Jadi, kalian bisa dengan percaya diri mengunggah foto selfie kalain ke media sosial.

Nah, bukan hanya kemampuan fotografinya saja yang dapat memukau kami. Soal perekaman video pun kami juga dibuat sangat terkesima. Soalnya, realme 11 Pro+ 5G dapat melakukan perekaman hingga di resolusi 4K@30fps.

Belum lagi, terdapat fitur slow motion dimana kalian bisa melakukan perekaman super lambat di resolusi 1080p pada 120fps atau 480fps. Sedangkan untuk perekaman lebih lambat lagi, kalian bisa bermain di resolusi 720p pada 960fps.

Tak sampai di situ saja, hadir juga fitur gimbal terkini yang menggunakan 4-axis untuk perekaman seperti menggunakan gimbal. Selain itu, hadir juga SuperOIS, dimana memaksimalkan perekaman melalui hardware dan software, dimana hadir dengan Algoritma OIS EDR 3°.

Fitur ini dapat dengan cepat menarik lensa kembali ke tengah di antara frame dengan peningkatan kecepatan reset lensa sebesar 40%. Pada sebagian besar adegan pemotretan bergerak, sudut kompensasi dapat diperpanjang 3° per detik, yang memperluas sudut anti guncangan OIS dan memberikan pengaturan ulang yang cepat serta bingkai yang jelas untuk membuat gambar tetap stabil.

realme 11 Pro+ 5G juga memiliki Four-axis Anti-shake Algorithm untuk memanfaatkan sepenuhnya data dari sensor giroskop (Gyro) dan sensor akselerasi (ACC), dan menggunakan algoritma navigasi inersia kelas industri untuk menghilangkan efek gravitasi, secara akurat menghitung tambahan anti-shake dari perpindahan sensor, dan meningkatkan kapasitas pemrosesan data per detik sebesar 200%. 

Dibandingkan dengan anti-shake dua sumbu Pitch dan Yaw konvensional, kamera ini dilengkapi dengan kemampuan tambahan anti-shake pergeseran X dan pergeseran Y. Baik saat mengambil foto atau video, kemampuan anti-goyangan meningkat 180% dalam kondisi goyangan translasi.

Kesimpulan : Smartphone berkamera 200MP dengan desain terbaik

Pada pertengahan 2023 ini, realme berhasil menghadirkan sebuah smartphone dengan harga xx yang menawarkan segudang keunggulan bagi penggunanya. realme 11 Pro+ 5G hadir dengan desain premium dan mewah dengan menggunakan Premium Lychee Vegan Leather yang membuat smartphone ini terasa sangat premium.

Namun, main attraction dari smartphone ini adalah kehadiran kamera 200MP yang mampu menghasilkan gambar super jernih, yang tidak pecah saat di zoom. Selain itu, mode street yang menampilkan filter unik dari Lonely Planet juga memberikan pengguna pilihan artistik untuk diunggah ke media sosial.

Performanya juga apik, dimana menggunakan SoC flagship generasi terbaru yang memberikan pengalaman penggunaan terbaik. Baterainya pun tahan lama, serta memiliki fitur pengisian daya 100W SUPERVOOC, dimana dapat mengisi daya dengan cepat.

Minat? realme 11 Pro+ 5G akan tersedia di e-commerce seperti Shopee, Akulaku dan realme.com. Dengan variasi warna Sunrise Beige dan Oasis Green.

realme 11 Pro+ 5G akan tersedia secara resmi di seluruh Indonesia dengan harga khusus dan promo menarik seperti bundling kuota 50GB post-paid Indosat, realme Buds T100, dan realme Care+ melalui Flash Sale pada 25 Juli 2023* pukul 00:00 WIB.

Editor
Share
×
tekid
back to top