sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 29 Agst 2020 09:44 WIB

Apple resmi blokir akun Epic Games dari App Store

Apple akhirnya memblokir akun pengembang Epic Games dari App Store. Kendati begitu, gim lain yang menjalankan Unreal Engine tetap dapat diunduh dari App Store.

Apple resmi blokir akun Epic Games dari App Store

Apple akhirnya menghapus akun pengembang Epic Games di App Store terkait perseteruan yang terjadi di antara keduanya. Sebelumnya Apple memang mengancam akan memblokir akun pengembang Epic Games. Hal ini terjadi lantaran Epic Games memberikan opsi pembelian V-Bucks langsung ke Epic Store, alih-alih melalui App Store. 

Karena pemblokiran ini, semua gim buatan Epic Games tidak akan lagi bisa ditemukan di App Store. Sebelumnya Apple hanya memblokir Fortnite, tetapi gim lain seperti Battle Breakers dan Infinity Blade Stickers masih bisa ditemukan.  

Meski begitu, pengguna iPhone atau iPad yang sudah menginstal Fortnite di perangkat mereka akan tetap dapat memainkan game tersebut. Sayangnya mereka tidak dapat melakukan update. Dengan kata lain, pengguna iPhone atau iPad tidak Akan dapat memainkan karakter Marvel dalam musim terbaru Fortnite. 

Dilansir dari Macrumors (25/8), Apple sebenarnya membuka kesempatan bagi Epic Games untuk dapat memasukkan kembali gim Fortnite ke App Store. Caranya adalah dengan menghapus opsi pembelian langsung selama proses hukum berjalan. Sayangnya hal itu tidak dilakukan oleh Epic Games.

Epic Games kemudian mengirimkan email yang memberitahu seluruh pemain Fortnite di perangkat Apple bahwa mereka tidak dapat melakukan update Ke musim terbaru Fortnite. Dalam email tersebut, Epic menyebut Apple mencegah Epic untuk memberikan potongan harga di platform tersebut. Sebagai balasannya, Apple menyarankan penggunanya untuk mengunduh gim PUBG Mobile.

Untuk diketahui, Apple sebelumnya berniat untuk memblokir semua akun pengembang yang berhubungan dengan Epic Games. Dungan kata lain, Keputusan HU juga bakal mempengaruni akun Epic Games International yang menyediakan Unreal Engine untuk aplikasi pihak ketiga lain. Namun Apple membatalkan niat tersebut atas saran dari pengadilan. Karena itu, gim-gim yang dibuat dengan Unreal Engine akan tetap dapat dimainkan di perangkat Apple. 

“Kami merasa kecewa karena harus menghapus akun Epic Games dari App Store. Kami telah bekerja dengan tim Epic Games selama beberapa tahun dalam peluncuran gim mereka. Pengadilan merekomendasikan Epic untuk mematuhi peraturan App Store dalam perkara ini, peraturan yang sudah mereka ikuti selama beberapa tahun sampai akhirnya mereka menciptakan situasi ini. Epic menolak. Mereka malah terus memberikan opsi tersebut yang melanggar peraturan di App Store. Ini tidak adil bagi pengembang lain di App Store dan menempatkan pengguna dalam pertarungan mereka. Kami berharap dapat bekerja sama lagi di masa depan, yang sayangnya tidak mungkin dilakukan saat ini,” kata Apple ketika menanggapi perkara ini. 
 

Share
×
tekid
back to top