sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 07 Jul 2021 13:35 WIB

TikTok hapus 7 juta akun diduga langgar aturan usia

Dalam sebuah laporan terbaru, TikTok menemukan setidaknya 7 juta akun yang diduga melanggar peraturan usia platform tersebut.

TikTok hapus 7  juta akun diduga langgar aturan usia

TikTok saat ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dalam beberapa laporan, kebanyakan pengguna media sosial ini ada di usia anak-anak dan remaja.

Untuk bergabung dengan TikTok, para pengguna diwajibkan berusia minimal 13 tahun. Tapi, tak jarang para penggunanya melanggar aturan ini dengan berpura-pura berusia 13 tahun saat mendaftar.

Melihat hal ini, TikTok melakukan pembersihan akun nakal yang ada di platform tersebut. Dan untuk pertama kalinya, mereka mengumumkan laporan upaya pembersihan ini secara publik. Hal ini perusahaan ungkapkan dalam laporan transparansi di kuartal pertama 2021. “Untuk pertama kalinya, kami memublikasikan jumlah akun dibawah umur yang kami curigai dan kami hapus,” kata perwakilan TikTok, seperti dikutip dari laman Gizchina (7/7).

“Kami bekerja untuk menjaga pengalaman TikTok sepenuhnya menjadi tempat bagi orang-orang berusia 13 tahun ke atas”.

Dalam laporan tersebut, mereka menyebutkan telah menjaring dan berencana menghapus 11.149.514 akun karena melanggar pedoman komunitas layanan atau persyaratan layanan. Selain itu, mereka juga mengatakan 7.263.952 di antaranya "dicurigai" merupakan akun di bawah umur. Istilah dicurigai disini menunjukkan pihak TikTok tidak memiliki cara untuk identifikasi secara pasti berapa pengguna yang benar-benar berusia di bawah 13 tahun.

Meskipun angka ini mungkin terdengar mengejutkan, perusahaan menyatakan jumlahnya kurang dari 1% dari semua pengguna terdaftar. Perusahaan menyoroti bagaimana pengguna di bawah usia 12 tahun dapat mendaftar untuk versi khusus platform yang berorientasi pada kelompok usia mereka. 

Saat ini sendiri platform khusus dari TikTok untuk pengguna yang berusia muda sudah tersedia. Platform khusus ini memiliki kontrol yang lebih besar atas konten yang dibagikan. Perlu dicatat, anak-anak berusia 13 tahun ke atas memang dapat menggunakan platform TikTok. Hal ini dilakukan setelah perusahaan meluncurkan pengaturan khusus untuk mereka yang berusia di bawah 18 tahun awal tahun ini. 

Pengaturan akun default untuk pengguna antara 13 dan 15 tahun akan diatur ke pribadi. Ada batasan tentang siapa yang dapat mengunduh video mereka dan terlibat dengan konten mereka. Ada batasan pengaturan serupa untuk pengguna yang berusia antara 16 dan 17 tahun juga.

Share
×
tekid
back to top