Media sosial jadi referensi pecinta kuliner menemukan makanan

Baru-baru ini hasil survei Facebook mengungkapkan bahwa media sosial jadi salah satu referensi pecinta kuliner untuk menemukan menu makanan baru.

Media sosial jadi referensi pecinta kuliner menemukan makanan Source: Pexels

Pada bulan Ramadan ini, tren untuk mengeksplorasi dan mencicipi kuliner baru tentunya mengalami peningkatan. Tak hanya berburu jajanan untuk berbuka puasa, namun banyak orang yang juga menyambangi restoran atau mencoba resep baru untuk dinikmati bersama orang-orang terdekat.

Kini Facebook melaporkan hasil riset terbaru, yang menunjukkan bahwa platform media sosial menjadi salah satu sumber referensi pecinta kuliner untuk menemukan menu makanan baru. Diklaim semakin banyak penikmat kuliner yang bermigrasi ke perangkat mobile demi mendapatkan informasi terkini seputar makanan.


BACA JUGA

Facebook luncurkan fitur pengingat film

Facebook mungkinkan siapa saja buat filter wajah Instagram

Aplikasi Facebook di Android bakal punya mode gelap


Ini adalah hasil survei Facebook

Source: Facebook

Survei ini dilakukan bersama Accenture, dengan melibatkan 1.709 orang di Indonesia berusia 18 tahun ke atas, yang membeli produk makanan dalam tiga bulan terakhir hingga November 2018. Survei tersebut menemukan bahwa sebanyak 98 persen, orang di usia 18 hingga 34 tahun menemukan ide resep atau makanan baru dari platform media sosial.

Sebanyak 33 persen juga mengatakan bahwa ketika mereka menemukan produk di platform online, maka mereka akan mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai bahan resep makanan. Survei tersebut juga menyebutkan bahwa keinginan membeli makanan dipicu dari apa yang mereka lihat di platform digital. Ditemukan sebanyak 51 persen orang di usia 18 hingga 34 tahun, mengatakan bahwa iklan Instagram dan Facebook membantu mereka untuk memilih produk yang harus dibeli.

Ini adalah hasil survei Facebook

Source: Facebook

Bahkan sebanyak 84 persen orang di usia 18 hingga 34 tahun mengklaim bahwa mereka membeli produk makanan setelah melihat sebuah post di media sosial. Survei tersebut juga menemukan bahwa terdapat perubahan hubungan antara orang dengan makanan, dan menemukan tiga cara yang berpengaruh pada industri makanan saat ini. Seperti memahami perbedaan kebutuhan pelanggan, menciptakan konten yang mengajak konsumen untuk mengeksplor kuliner terkini, dan berinteraksi dengan pelanggan melalui cerita dalam bentuk visual.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: