sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Rabu, 03 Jan 2024 20:14 WIB

Facebook perkenalkan fitur ‘link history’ untuk ingat situs yang pernah dikunjungi

Facebook merilis fitur ‘link history’ pada iOS dan Android guna memberikan informasi seputar daftar situs yang pernah dikunjungi.

Facebook perkenalkan fitur ‘link history’ untuk ingat situs yang pernah dikunjungi

Facebook belum lama ini memperkenalkan fitur baru yang disebut link history yang memungkinkan pengguna melihat kembali daftar situs yang pernah dibukanya. Fitur ini dapat merekam setidaknya aktivitas pengguna selama sebulan terakhir, sehingga setelah itu data akan otomatis terhapus.

Merujuk informasi Gadgets 360 (3/1), fitur ini bisa dinonaktifkan atau diaktifkan sesuai keinginan pengguna. Artinya, pengguna tidak perlu khawatir bila seandainya tidak memerlukan fitur ini maka dapat menonaktifkannya.

Sebenarnya fitur ini sudah lebih dulu hadir di Instagram, namun kini giliran Facebook yang menyediakannya. Fitur ini dinilai sangat penting oleh sebagian pengguna sebab terkadang pengguna ingin kembali mengunjungi situs sebelumnya namun lupa alamatnya.

Oleh karena itu, dengan kehadiran fitur ini maka pengguna dijamin tidak perlu khawatir kehilangan akses pencarian situs yang pernah dibuka sebelumnya. Kehadiran fitur ini juga secara otomatis akan diberitahukan oleh sistem Facebook melalui pop-up bila memang sudah tersedia setelah pembaruan.

Untuk saat ini fitur link history disebut belum dapat dicoba oleh seluruh pengguna media sosial yang kini dikelola Meta tersebut. Dengan kata lain, Facebook menyebut fitur ini akan hadir secara bertahap dari akun ke akun lainnya sehingga pengguna dimohon untuk bersabar demi menjajal fitur terbaru ini.

Walau sebagian pengguna merespons baik kehadiran fitur ini, tampaknya juga ada sebagian pengguna lain yang khawatir terhadap keamanan privasinya setelah pembaruan ini. Maka dari itu, pengguna disarankan untuk menonaktifkan fitur ini saja bila dirasa menganggu aktivitasnya dengan cara menuju menu pengaturan dengan klik tiga tiitk di pojok bawah kanan, lalu pilih pengaturan. Setelah itu tinggal tekan toggle dan pilih aktifkan atau nonaktifkan link history.

Share
×
tekid
back to top