Fitur Baru Facebook Dekatkan Fans dan Kreator lewat Fan Challenges dan Top Fans Badges
Facebook luncurkan Fan Challenges dan Top Fan Badges khusus untuk dekatkan fans dengan kreator, hadirkan interaksi lebih personal dan seru.
Fitur Fan Challenge di facebook. dok. Meta
Facebook kembali memperkuat posisinya sebagai platform komunitas dengan meluncurkan dua fitur baru yang dirancang untuk mendekatkan penggemar dengan kreator favorit mereka.
Fitur tersebut adalah Fan Challenges dan Top Fan Badges yang kini bisa dipersonalisasi.
Dikutip dari laman resmi Meta, lewat Fan Challenges, kreator dapat meluncurkan tantangan interaktif berupa ide atau prompt untuk mendorong penggemar membuat konten unik. Tantangan ini akan muncul di feed saat kreator favorit meluncurkannya.
Untuk ikut serta, pengguna cukup mengklik hashtag challenge yang tertera di unggahan kreator atau kiriman fans lain, lalu membuat versi konten mereka sendiri.
- Meta Luncurkan Fitur yang Cegah Reels Dicuri dan Diunggah Ulang Tanpa Izin
- Meta Rilis Fitur AI Baru di Facebook, Bisa Edit dan Usulkan Unggahan dari Foto di Galeri
- Meta Tutup Aplikasi Messenger untuk Desktop Mulai 15 Desember
- Cara Sembunyikan Facebook Memories yang Tak Ingin Dilihat, Mudah dan Praktis
Setiap kiriman akan mendapat kesempatan masuk ke leaderboard fan challenge, yang menampilkan konten dengan reaksi terbanyak sekaligus menjadi pusat interaksi antara kreator dan penggemar.
Dalam tiga bulan terakhir, fitur ini telah menghasilkan lebih dari 1,5 juta kiriman fans dengan respons mencapai 10 juta komentar dan reaksi, sekaligus membantu kreator meningkatkan popularitas dan momentum kampanye mereka.
Selain Fan Challenges, Facebook juga memperbarui fitur Top Fan Badges. Kini, penggemar bisa mendapatkan lencana khusus sebagai pengakuan atas interaksi rutin mereka dengan konten kreator, baik musisi, selebritas, maupun atlet.
Ketika tersedia versi khusus, penggemar akan menerima notifikasi untuk menerima custom top fan badge.
Lencana ini dapat ditampilkan di komentar pada halaman kreator maupun di profil pribadi pengguna.
Hingga saat ini, lebih dari 500 juta fans di seluruh dunia telah menggunakan fitur ini. Kreator global seperti Cardi B dengan “Bardi Gang,” Ed Sheeran dengan “Sheerio,” dan J Balvin dengan “La Familia” sudah memanfaatkannya untuk mempererat komunitas penggemar.
Facebook menyebut pembaruan ini sebagai cara untuk merayakan fandom sekaligus memperkuat komunitas yang lahir dari interaksi penggemar dan kreator.
Dengan fitur baru ini, penggemar tak hanya bisa menikmati konten, tetapi juga ikut berpartisipasi aktif dalam membangun hubungan digital yang lebih dekat dan bermakna.









