sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Minggu, 16 Okt 2022 14:04 WIB

Meta hentikan dukungan Instant Article di Facebook pada April 2023

Dukungan format Artikel Instan di Facebook ini pertama kali dihadirkan perusahaan pada tahun 2015 silam.

Meta hentikan dukungan Instant Article di Facebook pada April 2023

Meta akan mengakhiri dukungan untuk layanan artikel instan pada platform Facebook pada pertengahan April 2023. Hal tersebut tampaknya dilakukan perusahaan milik Mark Zuckerberg itu karena sudah tidak sesuai dengan preferensi pengguna media sosial masa kini. 

Dukungan format Artikel Instan ini pertama kali hadir di layanan aplikasi Facebook tahun 2015 silam. Kala itu, kehadiran Artikel Instan ini ditujukan untuk membantu artikel berita supaya lebih cepat dimuat di perangkat seluler. 

Namun, perusahaan media sosial itu dikatakan tengah merestrukturisasi dan mengarahkan lebih banyak sumber daya ke produk yang disukai pengguna sekarang. Ini termasuk fitur yang berfokus pada video seperti Reels. 

"Saat ini, kurang dari 3% apa yang dilihat orang di seluruh dunia melalui Feed Facebook adalah unggahan dengan tautan ke artikel berita," ujar juru bicara Meta, dikutip dari Engadget (16/10). 

Menurut juru bicara Meta, sebagai tujuan dari bisnis, perusahaan akan lebih mementingkan fitur yang sesuai dengan preferensi pengguna. Dengan kata lain, investasi di bagian yang sudah tidak diperhitungkan pengguna saat ini, seperti dukungan format Artikel Instan, akan dikurangi atau dihentikan. 

“Sebagai bisnis, tidak masuk akal untuk berinvestasi berlebihan di area yang tidak sesuai dengan preferensi pengguna,” sambungnya. 

Berdasarkan laporan dari Meta, saat ini pengguna aplikasi Facebook lebih sering menghabiskan waktu untuk menonton video, terutama yang mempunyai durasi pendek. Sedangkan untuk pengguna yang melihat konten politik dan berita di platform media sosial itu kini hanya mencakup sebagian kecil dari keseluruhan komunitas. 

Berdasarkan laporan dari Axios, Meta diketahui telah mengurangi investasi mereka untuk konten berita dalam beberapa waktu belakangan. Salah satunya, perusahaan ini telah mengakhiri kontrak dengan salah satu penerbitan di Amerika Serikat untuk memasukkan artikel mereka di tab Berita. 

Minggu lalu, perusahaan ini juga telah mengumumkan rencana mereka untuk menutup platform tab Berita yang ada di Facebook pada awal tahun depan. Kebijakan ini juga akan dilanjutkan dengan mematikan dukungan fitur Instan Artikel pada pertengahan April 2023.

Dengan demikian, dukungan format Instan Artikel di Facebook akan berakhir dalam kurun waktu enam bulan ke depan. Setelah layanan tersebut berakhir, pengguna akan diarahkan ke situs berita itu sendiri saat mengklik tautan berita melalui aplikasi Facebook. 
 

Share
×
tekid
back to top