sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Jumat, 24 Sep 2021 13:10 WIB

Samsung dan Tesla akan produksi chip mobil otonom baru

Jika Samsung mendapatkan kontrak dari Tesla, maka perusahaan ini diharapkan dapat memulai produksi menggunakan proses 7nm.

Samsung dan Tesla akan produksi chip mobil otonom baru
Source: Pixabay

Samsung Electronics dilaporkan sedang dalam pembicaraan dengan pabrikan mobil listrik Tesla untuk chipset kemudi otonom generasi baru. Prosesor ini dikatakan memiliki basis proses produksi 7nm agar memiliki performa komputasi mutakhir.

Laporan tersebut, yang berasal dari Korean Economic Daily, mengklaim Samsung dan Tesla telah membahas desain chip beberapa kali. Mereka juga telah bertukar purwarupa chip untuk sistem kemudi otonom Hardware 4 mendatang dari tesla.

Jika Samsung mendapatkan kontrak dari Tesla, maka perusahaan ini diharapkan dapat memulai produksi menggunakan proses 7nm. Dilansir dari Gizmochina (24/9), hal tersebut kemungkinan terjadi karena Samsung sudah memproduksi komputer Hardware 3 Tesla saat ini.

Samsung memproduksi chip 5nm tetapi akan menggunakan proses 7nm untuk memproduksi chip kemudi otonom Hardware 4 Tesla demi memastikan hasil produksi yang lebih tinggi dan fungsi chip yang stabil saat dipasang.

Meski garis waktu untuk produksi Hardware 4 belum diketahui, diperkirakan ini akan dimulai dalam beberapa bulan. Pasalnya, CEO Tesla Elon Musk mengungkapkan selama acara AI Day bulan lalu bahwa perangkat keras baru itu untuk sistem kemudi otonom di Cybertruck akan dirilis dalam waktu sekitar satu tahun atau lebih.

Samsung saat ini adalah produsen chip kontrak terbesar kedua di dunia, tepat setelah TSMC. Sementara Samsung memegang 17,3% pangsa pasar, TSMC yang berbasis di Taiwan berada jauh di depan dengan pangsa pasar 52,9%.

Dalam beberapa tahun terakhir, Samsung telah mengambil langkah cepat dalam hal manufaktur chip dan mencoba mengejar ketinggalan dengan TSMC. Chipset Qualcomm Snapdragon 888 sedang diproduksi oleh Samsung dan perusahaan ini juga membuka pintunya ke perusahaan lain dan chip jenis lain.

Share
×
tekid
back to top