sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Selasa, 07 Mei 2024 07:58 WIB

Pasar ponsel tumbuh 6%, Samsung jadi pemimpin

Informasi terbaru Counterpoint Research menunjukkan bahwa pasar ponsel pintar global mencatat pertumbuhan 6% YoY pada kuartal pertama tahun 2024.

Pasar ponsel tumbuh 6%, Samsung jadi pemimpin

Informasi terbaru Counterpoint Research menunjukkan bahwa pasar ponsel pintar global mencatat pertumbuhan 6% YoY pada kuartal pertama tahun 2024. Estimasi pendapatan dari penjualan ponsel pintar merupakan yang tertinggi pada kuartal pertama. Pasar ponsel pintar mencapai 296,9 juta pengiriman pada kuartal pertama tahun 2024, dengan Samsung melengserkan Apple untuk posisi teratas.

Dilansir dari Gizmochina (6/5), layanan Counterpoint Market Monitor setiap triwulan memperbarui pasar ponsel pintar global dan penelitian terbarunya cukup mencerahkan. Pertumbuhan pengiriman sebesar 6% disebabkan oleh kinerja yang kuat di kawasan utama seperti Eropa, Amerika Latin, Afrika, dan Timur Tengah.

Banyak pasar negara berkembang tersebut yang mempertahankan momentum kuatnya untuk menutup kuartal ini dengan baik. Kawasan yang mencatat pertumbuhan terbesar adalah Eropa (khususnya Eropa Tengah dan Timur). Permintaan konsumen secara keseluruhan telah meningkat secara bertahap dan tingkat persediaan terus meningkat di seluruh pasar.

Angka pasar ponsel pintar untuk Q1 tahun 2024 menunjukkan beberapa tren yang muncul. Peningkatan jumlah pendapatan dari penawaran premium tumbuh lebih cepat dibandingkan pengiriman. Tren ini akan terus berlanjut seiring dengan munculnya form factor yang lebih baru seperti perangkat lipat dan kapabilitas.

Samsung mengalahkan Apple menjadi pemimpin pengiriman ponsel (20%) secara global. Di sisi lain, pengiriman Apple turun 13% YoY terutama karena tingginya penumpukan inventaris pada Q4 2023. Di lima besar, merek Tiongkok Xiaomi mencatat pertumbuhan tercepat dengan peningkatan pengiriman sebesar 34% YoY.

Kinerja beberapa merek lebih kuat di beberapa wilayah dan buruk di wilayah lain. Misalnya, merek Transsion (Tecno, Itel, dan Infinix) memiliki kinerja yang kuat di Eropa Timur, India, APAC, dan MEA, sementara OPPO mencatat penurunan, yang menunjukkan persaingan yang lebih ketat di beberapa pasarnya. Namun Xiaomi mencatat pertumbuhan di hampir semua pasar utamanya. Prospek untuk kuartal berikutnya tetap cerah dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut setelah Q2 tahun 2024.

Share
×
tekid
back to top