JDI berhasil kembangkan layar modul Micro LED

Pendekatan modular juga akan memungkinkan produsenuntuk mengaplikasikan berbagai resolusi dan aspect ratio hanya dengan mengubah jumlah modul.

JDI berhasil kembangkan layar modul Micro LED Source: Anandtech

Perusahaan panel layar asal Negeri Sakura, Japan Display Inc. (JDI) belum lama ini mengumumkan mereka berhasil menyelesaikan pengembangan modul Micro LED pertamanya. Purwarupa modul Micro LED tersebut merupakan blok panel potensial untuk layar TV dan perangkat lainnya, yang menawarkan kerapatan piksel 265 PPI. Dilansir dari Anandtech (2/11), JDI akan mendemonstasikan modul di Fintech Japan akhir pekan ini.

Purwarupa layar Micro LED dari JDI adalah modul persegi dengan kecerahan maksimum 3.000 nit. Model panel layar ini menggunakan chip LED gallium nitride yang dikembangkan oleh glo (perintis Micro LED) dan backplane LTPS dari JDI.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Nokia kini punya smart TV

TV Sony bisa dukung AirPlay 2

Samsung semakin serius hadirkan TV QD-OLED


Pengembangan modul layar Micro LED bisa menjadi solusi bagi para pembuat layar karena memungkinkan untuk memasang panel berukuran penuh dengan menggabungkannya dari modul-modul individual seperti JDI. Selain menawarkan fleksibillitas, pendekatan modular juga akan memungkinkan produsen untuk mengaplikasikan berbagai resolusi dan aspect ratio hanya dengan mengubah jumlah modul.

Teknologi Micro LED merupakan solusi yang menjanjikan untuk perangkat visual permium yang akan tersedia tiga hingga empat tahun ke depan. Teknologi ini memiliki hampir semua keunggulan kualitas yang ditawarkan OLED, termasuk LED yang dikontrol sendiri, kontras tinggi, waktu respons cepat, dan sudut pandang lebar.

Hal yang terpenting adalah Micro LED tidak memiliki kekurangan seperti OLED seperti pergeseran warna, burn-in, dan umur pakai yang pendek. Ada banyak perusahaan kecil yang bekerja pada teknologi Micro LED, tetapi hanya dua dari mereka yang mulai mengkomersilkan teknologi ini dalam skala yang sangat kecil.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: