sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
Senin, 15 Jun 2020 11:01 WIB

Android TV akan dukung fitur Voice Match

Dengan mengandalkan Voice Match, Android TV akan terasa semakin personal dan setiap pengguna di rumah akan memiliki pengaturan mereka sendiri.

Android TV akan dukung fitur Voice Match
Source: XDA Developers

Google mengungkapkan bahwa fitur Voice Match akan segera hadir untuk sejumlah produk smart speaker dan display dalam beberapa waktu ke depan. Ini merupakan salah satu dukungan yang terintegrasi dengan Google Assistant. Nah, dukungan ini juga akan terdapat di Android TV

Hal itu terungkap melalui update aplikasi Google Search di Android TV. Yang menarik, update itu langsung melompat ke versi 4.2.0 dari versi 3.14.2. Google sebenarnya sudah meluncurkan update versi 4.1.0 bulan lalu. Namun, update itu ditarik kembali karena mengalami beberapa masalah. Nah, di kedua versi itu, Google didapati tengah dalam proses pengerjaan untuk mengintegrasikan Google Assistant dan Google Home untuk Android TV. 

Dilansir dari 9to5google (15/6), fitur Voice Match ini akan dapat membedakan suara orang tertentu dengan orang lain di dalam rumah. Artinya, Google Assistant akan mempertimbangkan akun Google dan seluruh informasi personal akun itu jika yakin telah mendengar suara pemilik akun tersebut. Sebelumnya, Google akan menggunakan akun siapa saja yang sedang terpasang di Android TV. 

Di update Google Search, Android TV didapati sudah memiliki dukungan natif untuk fitur Voice Match ini. Hal ini diprediksi akan dapat memudahkan pengguna untuk melakukan log in ke akun Netflix yang benar, atau bahkan meluncurkan Stadia dengan akun yang sesuai dengan pemilik suara tersebut. 

Untuk dapat menjalankan fungsi ini, Google menyatakan akan mengambil potongan suara penggunanya untuk membuat format model suara yang tersimpan di perangkat pengguna. Google menyebut bahwa model suara itu dapat saja dikirimkan secara sementara ke Google agar fitur ini semakin baik mengenali suara penggunanya. 

Pada prakteknya, hal ini akan membuat Android TV semakin personal. Artinya, setiap pengguna di rumah akan memiliki pengaturan mereka sendiri, tergantung pada pengenalan suara yang dilakukan Voice Match ini. 

Share
×
img
×
tekid
back to top