sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 20 Jan 2022 22:31 WIB

Instagram uji coba fitur layanan berbayar

Meta dan Instagram saat ini sedang melakukan uji coba fitur berlangganan untuk 10 konten kreator di AS.

Instagram uji coba fitur layanan berbayar

Meta pada tahun 2021 lalu mengatakan akan melakukan monetisasi kepada para pengguna Instagram. Pengguna diminta untuk melakukan langganan untuk mendapatkan berbagai macam fitur dan konten eksklusif yang tidak didapatkan pengguna umum.

Untuk melakukan monetisasi, Instagram memberikan konten kreator sebuah fitur untuk mengunci konten mereka untuk para pengikut mereka. Untuk mengakses konten ini, pengguna diminta untuk melakukan langganan ke konten kreator tersebut.

Fitur ini sedang diuji coba kepada para pengguna layanan Instagram. TechCrunch (20/1) melaporkan bahwa saat ini, ada beberapa konten kreator dari AS yang sudah menerima undangan untuk melakukan uji coba fitur yang satu ini.

Sayang, untuk sementara ini baru ada 10 konten kreator saja yang terpilih untuk mengikuti uji coba ini. Meta dan Instagram pun tampaknya memperlakukan ini seperti tes alfa, jadi 10 orang sudah cukup untuk melakukan pengujian.

Ini merupakan sebuah cara monetisasi yang menarik untuk Instagram, namun dapat berimbas besar bagi para pengguna layanan tersebut. Dan hingga saat ini, belum ada pihak yang mencoba fitur seperti ini.

Tapi, sebenarnya selama ini para pengguna platform media sosial telah menggunakan taktik ini, namun menggunakan platform seperti Patreon. Di sini mereka dapat mengunggah konten yang hanya dapat diakses oleh para pengikut dengan biaya langganan tertentu.

Dan untuk harga langganannya sendiri, akan ada beberapa perbedaan harga. Instagram akan mematok harga mulai dari USD0,99 hingga USD99,99 (sekitar Rp14 ribu hingga Rp1,43 juta) per bulan, yang dirasa merupakan rentang harga yang sangat luas.

Share
×
tekid
back to top