sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 28 Mei 2022 09:47 WIB

Chipset Samsung Exynos generasi baru akan berbasis fabrikasi 3nm

Samsung telah mempersiapkan prosesor mobile flagship terbaru mereka, memiliki nama kode Quadra dan berbasis fabrikasi 3nm.

Chipset Samsung Exynos generasi baru akan berbasis fabrikasi 3nm

Rumor baru-baru ini mengisyaratkan Samsung sedang mengerjakan generasi berikutnya dari prosesor ponsel seri Exynos kelas atas. Sekarang, sebuah laporan baru telah mengungkapkan nama kode internal dari chipset flagship yang akan datang tersebut serta nomor modelnya.

Menurut infromasi dari Roland Quandt, SoC Exynos flagship dari Samsung telah diberi nama kode “Quadra”. Chipset ini tampaknya akan menjadi penerus Exynos 2200 yang diberi kode nama Pamir, yang hadir bersama dengan Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra.

Dilansir dari Gizmochina (28/5), dengan kata lain Quadra mungkin secara resmi disebut Exynos 2300. Meski demikian, belum diketahui spesifikasi dan peningkatan performa yang dimilikinya.

Informasi tersebut lebih lanjut mengatakan bahwa chipset baru ini akan didasarkan pada proses fabrikasi 3nm GAA dan akan menampilkan core CPU ARM terbaru. Kabarnya bahkan akan berbasiskan pada GPU Xclipse yang diperbarui menggunakan GPU Radeon terbaru AMD.

Produksi massal chipset itu mungkin dimulai akhir tahun ini, yang pada dasarnya sejalan dengan peluncuran chip Exynos flagship perusahaan berikutnya. Menariknya, beredar pula rumor mengenai kemungkinan Samsung tidak akan menggunakan chip Exynos untuk ponsel flagship seri Galaxy S selama dua tahun ke depan.

Alasan pergeseran ini tampaknya karena masalah throttling dan kinerja kurang baik dibandingkan dengan saingannya, Qualcomm dengan chip Snapdragon mereka. Dikabarkan bahwa Samsung telah menyiapkan tim yang terdiri dari sekitar 1.000 karyawan yang ditugaskan untuk membangun chip khusus baru secara keseluruhan, yang dapat digunakan pada Galaxy S25 pada tahun 2025.

Share
×
tekid
back to top