Bose andalkan infrared agar performa suara lebih stabil

Infrared ini juga berguna untuk menentukan seberapa baik posisi earphone nirkabel di telinga dan menyesuaikan hal-hal seperti volume dan equaliser agar performa suara tetap terdengar bagus.

Bose andalkan infrared agar performa suara lebih stabil

Bose baru-baru ini memiliki aplikasi paten baru yang mengandalkan inframerah untuk memperpanjang usia baterai dengan mematikan earphone jika tidak ditempatkan di telinga pengguna. Apple telah memiliki fitur semacam ini pada AirPods, sedangkan earphone Bose Soundsport tidak menerapkannya.

Dilansir dari Digital Trends (8/2), paten tersebut menggambarkan beberapa skenario di mana earphone akan memiliki pemancar infrared dan penerima infrared. Infrared ini juga berguna untuk menentukan seberapa baik posisi earphone nirkabel di telinga dan menyesuaikan hal-hal seperti volume dan equaliser agar performa suara tetap terdengar bagus.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Audio-Technica bawa 6 headphone baru ke Indonesia

Earphone nirkabel Audio Technica punya driver besar demi akurasi suara

Prosesor mutakhir di earphone Sony WF-1000XM3 bikin suara jernih


Tampaknya sensor infrared ini bisa diatur untuk memancarkan pola sinyal tertentu yang dapat digunakan untuk membantu pengguna menemukan earphone yang hilang, dengan menggunakan ponsel berbasis infrared atau earphone lain yang dapat mengirim sinyal SOS ke pesangan earphone yang hilang. Tetapi sepertinya cara mencarinya tidak semudah yang dikatakan mengingat sinyal infrared tidak terlalu sensitif.

Belum jelas mengapa Bose lebih memilih teknologi infrared ketimbang Bluetooth. Kemungkinan hal ini karena infrared memiliki efisiensi daya yang lebih tinggi.

Bose juga melihat potensi dalam mendesain penerima infrared yang menghadap ke luar earphone, untuk situasi di mana pengguna mungkin berada di sekitar pemancar audio inframerah (biasanya digunakan pada acara dimana membutuhkan terjemahan secara real-time). Tentu pabrikan tersebut tidak akan menjadi earbud pertama yang menerapkannya, diduga Apple akan menembahkan fitur ini ke pembaruan AirPods.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: