sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Sabtu, 04 Nov 2023 07:11 WIB

Samsung Galaxy Buds FE punya kualitas audio dan kenyamanan tinggi, ini buktinya

Salah satu perusahaan yang memproduksi TWS berkualitas tinggi adalah Samsung. Produsen asal Korea Selatan ini baru saja meluncurkan Galaxy Buds FE di Indonesia.

 Samsung Galaxy Buds FE punya kualitas audio dan kenyamanan tinggi, ini buktinya

Tidak ada tanda-tanda bahwa tren earphone nirkabel tipe true wireless stereo (TWS) meredup. Bahkan, earphone ini semakin diminati oleh para pecinta musik untuk mendengarkan lagu di mana saja. Hal ini dikarenakan TWS memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknologi earphone/headphone nirkabel lainnya lantaran benar-benar tidak ada juntaian kabel yang mengganggu.

Jika kamu sedang mencari TWS yang berkualitas tinggi, kebetulan Samsung baru-baru ini meluncurkan Galaxy Buds FE ke Indonesia. Earphone nirkabel dari perusahaan terkemuka asal Korea Selatan ini akan membawa pengalaman audio unggulan dengan harga yang sangat kompetitif. Bagaimana tidak, Galaxy Buds FE hadir dengan suara hasil kerja sama dengan salah satu perusahaan audio terkenal AKG serta fitur Active Noise Cancellation (ANC), dan masih banyak lagi keunggulannya.

Desain sangat ergonomis

Meski bukan dari kelas flagship, TWS Galaxy Buds FE akan menyajikan pengalaman premium pada desain. Pasalnya, Samsung mendesainnya dengan rancang bangun yang sangat ergonomis. Galaxy Buds FE memiliki fitur Wingtips yang berbeda agar kamu bisa menggunakannya secara aman dan tidak perlu khawatir akan bergeser dari telinga. Sebagai catatan, posisi eartip yang pas juga akan menentukan kualitas suara earphone.

Masing-masing earphone memiliki eartip yang dirancang khusus. Dengan demikian, TWS dengan driver kustom ini akan mengikuti bentuk anatomi telinga kanan dan kiri sehingga memiliki kenyamanan tinggi meski dipakai dalam durasi yang cukup lama. TWS ini memiliki rancang bangun in-ear, dengan demikian ada ujung silikon lembut sebagai bagian yang dimasukkan ke dalam telinga.

Banyak orang yang lebih memilih rancang bangun in-ear sebagai TWS favoritnya karena menawarkan kemudahan saat memasang dan secara tidak langsung berimbas pada kualitas suara yang didengar sebagai penghambat suara bising pasif. Pada paket penjualannya, Galaxy Buds FE hadir dengan tiga ukuran eartips dan dua ukuran wingtips yang berbeda agar kamu bisa menikmati earphone yang benar-benar pas di telinga.

Berkat desain ergonomis yang inovatif, Galaxy Buds FE benar-benar cocok bagi para pengguna yang aktif dan suka olahraga maupun beraktivitas di luar ruangan. Apalagi, saat ini banyak orang yang berolahraga di gym, lari, ataupun bersepeda sambil mendengarkan musik favorit lewat TWS yang sama sekali tidak mengganggu aktivitas olahraga.

Jika berbicara TWS, Maka tidak ketinggalan pula casing khusus untuk menyimpan masing-masing earphone sekaligus mengisi ulang baterainya. Casing yang hadir pada TWS terbaru dari Samsung ini terlihat elegan dengan desain minimalis serta warna glossy. Berbeda dengan kebanyakan casing TWS di kelasnya yang dirancang agak tinggi ke atas, casing pada Galaxy Buds FE memiliki bentuk yang agak datar.

Bentuk casing seperti itu memiliki beberapa keuntungan, contohnya adalah lebih mudah diletakkan di atas meja (atau permukaan lainnya) sambil membuka tutupnya, ini sangat berguna saat melakukan pairing ke perangkat sumber seperti ponsel atau tablet.

Pengoperasian dan fitur

Sangat mudah untuk melakukan pairing pada Galaxy Buds FE ke ponsel atau perangkat yang mendukung lainnya. Cukup buka tutup casing-nya dan buka pengaturan Bluetooth di ponsel, selanjutnya pilih TWS ini di layar dan kamu siap untuk mendengarkan musik dan menonton film secara personal dengan suara unggulan menggunakan Galaxy Buds FE.

Hal yang tidak kalah penting adalah bahwa Galaxy Buds FE hadir dengan Galaxy Connected Experience terdepan yang menjadikan kamu bisa melakukan pairing, sinkronisasi, hingga beralih perangkat dengan mudah sehingga pengalaman menelepon hingga streaming video jadi lebih lebih baik.

Untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih maksimal, kamu bisa pakai fitur Auto Connection Shift with Smart View. Saat kamu sedang connect Galaxy Buds FE ke ponsel Galaxy lalu ingin streaming film atau series di Samsung Smart TV, kamu bisa memindahkan koneksi Galaxy Buds FE dari ponsel Galaxy ke Samsung Smart TV dengan sangat mudah.

Kemudahan lebih dari Galaxy Connected Experience terdepan juga bisa kamu nikmati dari platform SmartThings. Salah satunya, kamu bisa mencari Galaxy Buds FE yang terhubung dengan ponsel Galaxy ketika lupa terakhir kali menaruhnya di mana. Kamu cukup mengikuti arahan dari peta yang ditampilkan oleh SmartThings untuk menelusuri jejak Galaxy Buds FE yang kamu cari.

Menariknya, dengan SmartThings, kamu juga bisa memberikan notifikasi kepada orang yang menemukan Galaxy Buds tersebut serta mendapatkan notifikasi jika Galaxy Buds kamu berada jauh dari jangkauan agar tidak luput dari perhatian dan mencegah kehilangan.

Ada aneka sensor di TWS dengan konektivitas Bluetooth 5.2 tersebut. Ini adalah Hall Sensor, Proximity Sensor, dan Touch Sensor. Intinya, dengan sejumlah sensor tersebut Galaxy Buds FE dapat memberikan kepraktisan lebih saat kamu mengenakannya. Contoh, TWS ini akan secara otomatis menjeda musik ketika kamu melepaskannya dari telinga dan melanjutkan musik kembali saat earphone dipasang di telinga. Kamu juga dapat mengontrol musik lewat Touch Sensor di bagian belakang earphone.

Memang, sudah banyak TWS yang menawarkan pengoperasian musik lewat integrasi sensor. Namun perlu Galaxy Buds FE menampilkan akurasi tinggi pada setiap gestur tangan yang diterimanya sehingga sangat meminimalisir miskomunikasi playback musik di ponsel. Selain itu, area Touch Sensor di sisi belakang earphone dibuat datar sehingga sangat mudah untuk menjangkaunya ketimbang earphone dengan bagian belakang tipe melengkung.

Performa andal

Dari segi spesifikasi teknis, TWS Samsung Galaxy Buds FE hadir dengan beberapa dukungan codec seperti SSC, AAC, dan SBC. SSC adalah codec buatan Samsung yang digunakan pada beberapa produk audio nirkabel Samsung. Codec ini bisa menjadi pilihan yang lebih baik ketika menghubungkan Galaxy Buds FE dengan perangkat Samsung.

Jumlah mikrofon yang ada di earphone tersebut adalah 6 unit, yang terdiri dari 3 unit di earphone kanan dan 3 unit lagi di unit kiri. Selain untuk melakukan panggilan telepon, earphone ini juga dapat berfungsi untuk mendeteksi kebisingan suara sekitar dan meredamnya agar kamu dapat berkomunikasi dengan teman via telepon dengan suara yang lebih jernih tanpa harus berteriak.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Galaxy Buds FE hadir dengan fitur ANC untuk meredam suara bising secara aktif yang berguna untuk membuang suara eksternal ketika kamu mendengarkan musik. Ini sangat berguna ketika kamu sedang di dalam kendaraan umum yang memiliki kebisingan tinggi atau kendaraan yang berseliweran.

Selain itu, ada fitur Ambient Sound yang memungkinkan kamu tetap bisa sadar dengan kendaraan sekitar ketika harus menyebrangi jalan dengan nyaman tanpa perlu melepas earbuds. Baik mode ANC dan Ambient Sound sangat mudah diakses, kamu hanya perlu menyentuh dan menahan sensor di bagian belakang earphone selama beberapa detik untuk memilih satu dari kedua mode tersebut.

Sekarang saatnya membicarakan kualitas suaranya dengan menggunakan aplikasi Spotify dengan pengaturan kualitas paling tinggi atau ‘Very High’. Ketika memutar lagu berjudul ‘Beautiful In White’ dari Shane Filan, kualitas audio terdengar sangat baik dengan instrumen intro terdengar secara rapi ditambah dengan suara lonceng yang lembut bergantian di saluran kiri dan kanan.

Suara sang vokalis terdengar alami ditambah alat musik gitar dan drum dengan separasi stereo andal. Di sini, seluruh alat musik terdengar dengan jelas tanpa mendominasi satu sama lain meski volume agak tinggi.

Lagu berikutnya diputar berjudul ‘The Monster’ yang dinyanyikan oleh Eminem dan Rihanna. Awal-awal lagu diputar suara vokal Rihanna terdengar alami, demikian pula dengan suara backing vocalnya di channel kiri dan kanan. Lebar separasi backing vocal terasa cukup luas. Untuk suara bass, frekuensi rendah yang dimilikinya dapat terdengar dengan sangat baik. Area ini tidak mendominasi suara frekuensi lain di lagu tersebut.

Selain keunggulan saat mendengarkan musik, Galaxy Buds FE juga patut diacungi jempol ketika digunakan untuk menonton video secara streaming dari Netflix atau Disney+ Hotstar. TWS ini memberikan suara yang cukup imersif dengan surround andal serta kualitas frekuensi yang tidak saling mendominasi saat ada adegan ledakan, suara orang di layar sangat terdengar jelas.

Kualitas audio sudah sepatutnya didukung pula dengan daya tahan baterai yang andal sehingga tidak menghentikan pengalaman yang mengasyikan hanya untuk mengisi ulang daya. Untungnya, Galaxy Buds FE mengusung ketahanan baterai hingga 8,5 jam saat digunakan secara aktif tanpa menggunakan ANC.

Kamu juga bisa mendapatkan waktu pemakaian hingga 30 jam ketika dikombinasikan dengan baterai casing. Bahkan, ketika kamu mengaktifkan fitur ANC, Galaxy Buds FE tetap mampu menawarkan daya tahan baterai yang optimal. Galaxy Buds FE memiliki ketahanan baterai hingga 6 jam saat ANC aktif. Secara keseluruhan, kamu akan mendapatkan waktu pemakaian hingga 21 jam saat mengaktifkan ANC pada Galaxy Buds FE.

Kesimpulan

Bagi kamu yang mengedepankan kualitas suara, TWS Samsung Galaxy Buds FE mampu memberikan audio yang bermutu untuk ketika digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton film. Pada kondisi di luar ruangan, kamu hanya dapat mendengar musik tanpa gangguan suara bising sekitar berkat fitur ANC-nya yang andal.

Keunggulan Galaxy Buds FE tidak terletak di kualitas suaranya saja. TWS dengan bobot sangat ringan ini juga memberikan kenyamanan saat menggunakannya meski dalam waktu lama. Dengan demikian, telinga tidak akan terasa pegal atau iritasi. Penggemar olahraga juga akan cocok dengan earphone nirkabel ini lantaran desainnya yang tidak mudah bergeser atau lepas di telinga saat sedang banyak bergerak.

Dengan harga hanya Rp1.399.000, Samsung Galaxy Buds FE sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari TWS terjangkau tetapi berperforma layaknya flagship.

Editor
Share
×
tekid
back to top