sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Selasa, 10 Okt 2023 19:00 WIB

Samsung Galaxy Buds FE: ada yang putus, tapi bukan cinta

Di tengah saturasi pasar, mudah saja mengatakan bahwa Samsung Buds adalah salah satu TWS terbaik sejak kita pertama kali mengenalnya pada tahun 2019, tapi sulit untuk menyebutnya disruptif.

Samsung Galaxy Buds FE: ada yang putus, tapi bukan cinta
Annisa Maulina, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia

Siang ini, di lantai dua Teru Cafe, Jakarta Selatan, Annisa Maulina, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, berdiri di samping kanan layar monitor, menyapa puluhan jurnalis yang semuanya laki-laki. "Ibu-ibu-nya enggak ada ini ya," katanya diikuti derai tawa yang memantul hingga ke langit-langit cafe bergaya Jepang itu. 

Dia kemudian mengarahkan perhatian semua orang ke slide presentasi Galaxy Buds FE. "TWS ini ditujukan untuk starter explorer," kata Annisa yang tampil segar dengan baju berwarna hijau lime dan celana berwarna putih kontras. "Artinya, untuk generasi muda yang mungkin mau cari TWS suara berkualitas bagus dengan harga terjangkau."

Annisa pun menjelaskan bagaimana fitur-fitur, seperti kemampuan untuk tetap mendengarkan suara sekitar saat menggunakan earbuds bisa menjadi penting, terutama bagi mereka yang sering commuting. "Fitur ini mungkin penting ya bagi yang kegiatannya commuting karena tetap bisa mendengarkan audio dari TWS-nya, tapi masih ada suara dari sekitar sehingga tetap bisa tahu situasi yang sedang terjadi," tambahnya, menekankan bagaimana inovasi dan keamanan bisa berjalan seiring dalam produk-produk Samsung.

Di tengah saturasi pasar, mudah saja mengatakan bahwa Samsung Buds adalah salah satu TWS terbaik sejak kita pertama kali mengenalnya pada tahun 2019, tapi sulit untuk menyebutnya disruptif. Pun demikian dengan Galaxy Buds FE yang hadir ketika TWS kelas atas, apa pun mereknya, secara umum bisa dikatakan bagus dalam segala hal. Namun, Annisa tidak salah ketika menekankan bahwa Galaxy Buds FE ditujukan untuk starter explorer. Banyak orang barangkali sudah lupa bahwa kehadiran TWS, dimulai dengan peluncuran Apple AirPods pada tahun 2016, merupakan tanda perusahaan teknologi sedang menuju masa depan nirkabel, di mana perangkat dapat terhubung tanpa kabel.

Coba pikirkan hal itu sekali lagi. Mengubah kebiasaan konsumen dari perangkat kabel menjadi nirkabel sama besarnya dengan peralihan kita dari keyboard fisik menjadi keyboard virtual, seperti ketika Apple merilis iPhone generasi pertama, tahun 2007. Artinya, dalam waktu yang relatif lama, akan selalu ada orang yang baru akan beralih ke teknologi era yang baru ini. Oleh karena itu, perusahaan seperti Samsung perlu menyediakan iterasi produk yang beragam. Dalam konteks Galaxy Buds, kita sudah mengenal Galaxy Buds, Galaxy Buds Plus, Galaxy Buds Live, Galaxy Buds Pro, Galaxy Buds 2, dan Galaxy Buds 2 Pro.

Galaxy Buds FE tidak berupaya menjadi TWS terbaik, karena predikat itu biasanya tak berumur panjang di industri saat ini, tetapi yang terpintar (di kelasnya). Mengapa? TWS, meskipun ringkas dan tanpa kabel, hingga baru-baru ini, agak terbatas kemampuannya untuk memahami dan menyesuaikan diri dengan lingkungan dan aktivitas pengguna.

Evolusi teknologi TWS, terutama pada tahun 2023, menandai langkah besar menuju pendekatan yang lebih intuitif dan berpusat pada pengguna. Puncak dari kemajuan teknologi ini bukan hanya dalam menciptakan pengalaman audio tanpa kabel, tetapi dalam menciptakan perangkat auditif yang memahami dan meningkatkan interaksi pengguna dalam berbagai konteks. Jika desain awal TWS adalah untuk menghilangkan kabel, iterasi saat ini adalah tentang menyematkan kecerdasan ke dalam earbuds. Ini menggabungkan segala sesuatu yang diketahui teknologi tentang kebiasaan mendengarkan pengguna, pengaturan yang disukai, dan pola penggunaan, dengan pengetahuan yang lebih luas tentang kebutuhan pengguna untuk secara proaktif memberikan pengalaman auditori yang optimal pada saat yang tepat.

Konsep ini mungkin tampak hampir mempesona, sampai Anda merenung dalam-dalam tentang bagaimana teknologi mengetahui persis apa yang ingin Anda dengar dan kapan. Dan kecerdasan inovatif ini berada di jantung Galaxy Buds FE. TWS Galaxy Buds FE mengajak kita untuk merenungkan lebih dalam tentang bagaimana teknologi dapat merespons kebutuhan pengguna secara lebih intuitif dan personal. Dan semuanya harus terjadi tanpa membuat penggunanya "tercabut" dari lingkungan sekitarnya. 

Share
×
tekid
back to top