sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
Senin, 24 Mei 2021 12:40 WIB

Apple M1 butuh tenaga besar saat bermain gim

Seorang pengguna Twitter ungkapkan SoC M1 Apple bisa menarik daya hingga 20 Watt saat digunakan secara intensif.

Apple M1 butuh tenaga besar saat bermain gim
Apple M1

Seperti diketahui, SoC M1 merupakan SoC berbasis ARM terkencang di pasaran saat ini. Saking kencangnya, SoC tersebut dipakai oleh Apple di berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, hingga PC.

Meski kencang, Apple membuat prosesor tersebut irit daya, terutama untuk para pengguna smartphone dan tablet. Tapi, dalam kenyataannya, SoC tersebut masih menarik daya yang sangat tinggi saat digunakan dalam keadaan intens.

Wccftech (24/5) melaporkan, seorang pengguna Twitter bernama Golden Retriever telah mencoba mengetahui seberapa besar daya yang ditarik oleh prosesor M1 di perangkat iPad Pro. Hasilnya pun cukup menarik.

 

 

Dalam pengujiannya menggunakan aplikasi Linpack, M1 di iPad Pro disebut menarik 10,7 Watt saat menggunakan satu core saja. Dan saat menggunakan total 8 core, dayanya naik menjadi 14,3 Watt.

Beralih ke test 3Dmark Wildlife Stress Test, dia melihat adanya peningkatan penggunaan daya yang cukup tinggi. M1 di iPad Pro miliknya meminta daya sekitar 16,3 Watt untuk menjalankan tes tersebut.

Terakhir, saat dia menggunakan semua hal yang dimiliki oleh SoC ini, termasuk CPU dan GPU, daya yang ditarik cukup besar. SoC M1 ini ternyata menarik daya hingga 19,9 Watt untuk bermain gim Divinity: Original Sin II.

Jika dibandingkan dengan beberapa SoC mobile kelas atas lainnya, tentu saja ini merupakan pemakaian daya yang sangat besar. Dalam beberapa pengujian yang dilakukan oleh Anandtech, Snapdragon 888 dan Exynos 2100 (keduanya berjalan di Samsung Galaxy S21 Ultra), kedua prosesor tersebut tidak melebihi 10 Watt saat dilakukan benchmark berat.

Namun, mengingat performa yang dihasilkan, memang M1 tidak dapat dibandingkan dengan SoC mobile lain. Sebab, performa dari SoC tersebut bahkan dapat bersaing dengan prosesor laptop modern.

Share
×
tekid
back to top