sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Senin, 22 Apr 2024 15:59 WIB

Google siapkan fitur baru di Android 15 untuk memantau kesehatan penyimpanan ponsel

Fitur ini memperlihatkan kesehatan penyimpanan dengan cara yang serupa dengan indikator kesehatan baterai, namun sekarang untuk media penyimpanan.

Google siapkan fitur baru di Android 15 untuk memantau kesehatan penyimpanan ponsel

Google mengumumkan fitur baru dalam sistem operasi terbarunya, Android 15, yang akan memungkinkan pengguna untuk memantau kesehatan chip penyimpanan pada ponsel mereka. Hal ini diungkapkan melalui informasi yang ditemukan dalam commit pada Proyek Sumber Terbuka Android yang dilaporkan oleh Android Authority baru-baru ini.

Fitur ini memperlihatkan kesehatan penyimpanan dengan cara yang serupa dengan indikator kesehatan baterai pada beberapa perangkat, namun sekarang untuk media penyimpanan. Saat ini, sulit bagi pengguna untuk mengetahui kondisi keausan penyimpanan pada perangkat mereka, suatu kondisi yang dapat mempengaruhi performa dan keandalan ponsel.

Menurut Google, chip penyimpanan pada ponsel cenderung mengalami keausan seiring waktu, mirip dengan komponen perangkat keras lainnya. Android 15 akan memberikan solusi dengan menampilkan persentase yang menunjukkan sisa umur penyimpanan yang dapat diandalkan.

Dikutip dari Phone Arena (22/4), API baru ini akan mengakses informasi langsung dari chip penyimpanan yang kebanyakan menggunakan Universal Flash Storage (UFS) dengan indikator penggunaan bawaan. Sistem ini akan mengkonversi data tersebut menjadi persentase yang mudah dipahami oleh pengguna.

Namun, fitur Kesehatan Penyimpanan ini masih dalam tahap pengembangan dan mungkin tidak akan tersedia di semua ponsel yang menjalankan Android 15. Ponsel Pixel milik Google diperkirakan akan menjadi salah satu yang pertama mendapatkan dukungan ini.

Pemantauan kesehatan penyimpanan dianggap penting seiring perangkat semakin sering digunakan untuk menyimpan data penting. Informasi tentang kesehatan penyimpanan bisa menjadi pertimbangan penting ketika pengguna memutuskan untuk mengganti atau menjual ponsel mereka, serta dalam membuat keputusan backup data secara berkala. Fitur ini juga bisa memberikan indikasi awal jika perlu dilakukan penggantian atau perbaikan pada ponsel, sehingga meningkatkan usia pakai dan kehandalan perangkat.

Share
×
tekid
back to top