sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 28 Jun 2022 13:34 WIB

Apple dilaporkan sedang kembangkan chip M3

Apple dikatakan sedang mengerjakan chip M3 untuk perangkat Mac yang diluncurkan tahun depan. Kemungkinan diproduksi oleh TSMC.

Apple dilaporkan sedang kembangkan chip M3

Baru-baru ini Apple mengumumkan chipset terbaru mereka yang bernama Apple Silicon M2. Chipset generasi terbaru milik mereka tersebut telah digunakan di beberapa perangkat MacBook generasi terbaru, yang disebut-sebut memiliki performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Tak berselang lama setelah peluncuran chipset baru ini, rumor baru soal chipset generasi selanjutnya dari Apple sudah mulai mencuat. Dalam buletin Power On Bloomberg edisi terbaru, Mark Gurman menuliskan bahwa saat ini Apple telah mulai mengerjakan chip M3 generasi berikutnya.

Bersamaan dengan jadwal rilis untuk prosesor Apple Silicon M3, Gurman juga mengatakan bahwa chip baru tersebut akan memberi daya pada empat perangkat Mac tahun depan – MacBook Air 13 inci (J513), MacBook Air 15 inci (J515), dan dan iMac baru (J433). Ada juga MacBook 12 inci, tetapi perangkat ini masih dalam pengembangan awal dan tidak banyak informasi yang diketahui.

Dilansir dari Gizmochina (28/6), sebelum meluncurkan chipset M3 tahun depan, Apple diperkirakan akan meluncurkan beberapa chip seri M2 lagi tahun ini, yang dapat mencakup M2 Pro, M2 Max, M2 Ultra, dan M2 Extreme.

Apple diperkirakan untuk meluncurkan headset AR/MR pertamanya yang ditenagai oleh prosesor Apple M2, bersama dengan model MacBook Pro 14 inci dan 16 inci baru yang ditenagai oleh chip M2 Pro dan M2 Max. Setelah itu, perusahaan tersebut dapat mengumumkan Mac Pro dengan desain baru yang ditenagai oleh chip M2 Ultra dan M2 Extreme.

Saat ini, tidak ada informasi yang tersedia tentang prosesor Apple Silicon M3 baru tetapi kemungkinan akan diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Chip M1 dan M2 dibuat menggunakan proses 5nm tetapi jika M3 diproduksi menggunakan proses 3nm, maka chip ini dapat menawarkan peningkatan performa dan efisiensi yang signifikan.

Share
×
tekid
back to top