sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
Jumat, 24 Jul 2020 13:02 WIB

Membandingkan kamera Samsung Galaxy S20 & Huawei P40, bagus mana?

Setelah beberapa waktu membandingkan kamera Samsung Galaxy S20 Plus dan Huawei P40, kini saya akan membandingkan performa kamera Samsung Galaxy S20 dan Huawei P40. Sebagai catatan, focal length yang saya sebutkan selama uji coba di sini sudah disetarakan dengan kamera format 35mm.

Membandingkan kamera Samsung Galaxy S20 & Huawei P40, bagus mana?

Beberapa waktu lalu saya telah membandingkan performa kamera Samsung Galaxy S20 Plus dengan kamera Huawei P40 Pro. Pada kesempatan kali ini saya akan membandingkan kamera dari Samsung Galaxy S20 dan Huawei P40. Sebagai catatan, focal length yang saya sebutkan selama uji coba di sini sudah disetarakan dengan kamera format 35mm ya.

Saya mulai dengan konfigurasi kamera belakang. Galaxy S20 dilengkapi dengan tiga kamera. Kamera utamanya dilengkapi dengan lensa lebar beresolusi 12 MP berbasis stabilisasi OIS, kamera kedua menggunakan lensa telefoto beresolusi 64 MP serta stabilisasi OIS. Sedangkan kamera ketiga berguna untuk pemotretan ultra lebar dengan resolusi 12 MP.

Sedangkan kamera Huawei P40 juga dilengkapi dengan konfigurasi tiga kamera di belakangnya. Kamera utama mengusung sensor 50 MP serta lensa lebar dengan basis stabilisasi OIS, kamera kedua memiliki resolusi 8 MP untuk kebutuhan memotret telefoto zoom optik 3x dengan OIS. Kamera terakhir dilengkapi lensa ultra lebar beresolusi 16 MP. Hal yang tidak kalah penting adalah kamera belakang P40 merupakan hasil kerjasama dengan Leica.

Mengingat P40 memiliki focal length yang lebih panjang, maka modul keseluruhan kamera belakangnya lebih menonjol jika dibandingkan dengan S20. Focal length terpanjang dari P40 adalah 80mm, sedangkan focal length terpanjang S20 adalah 29mm.

 

Kamera belakang

Saya mulai perbandingan dengan lensa ultra lebar. Hasil pada S20 menunjukkan warna langit yang agak kebiruan. Bisa dikatakan warna langit tersebut kurang terlalu akurat karena saya memotret dalam keadaan cuaca agak mendung. Meski demikian performa Auto White Balance sangat apik karena menampilkan warna putih yang akurat pada perahu. Tekstur pada dedaunan juga terlihat tajam serta menampilkan warna cerah.

Lensa ultra lebar S20

Menggunakan lensa ultra lebar, warna yang dihadirkan P40 lebih akurat ketimbang S20. Alasannya adalah warna langit menampilkan abu-abu mengingat ketika saat saya memotret memang agak mendung. Peforma Auto White Balance terlihat sangat baik karena warna putih tidak meleset ke arah kuning. Tetapi karena focal length lensa ultra lebar P40 hanya 17mm, maka cakupan sudut pandang S20 lebih lebar dengan focal length 13mm.

Lensa ultra lebar P40

Kamera utama S20 menampilkan warna yang akurat serta ketajaman tekstur yang baik. Tetapi berdasarkan pengujian yang saya lakukan, S20 seharusnya menampilkan warna yang langit yang lebih akurat lagi mengingat cuaca ketika saya memotret warna langit agak abu-abu, bukan agak kebiruan. Meski demikian performa Auto Exposure sangat baik karena detail pada bayangan daun cukup terlihat.

Kamera utama S20

Kamera utama pada P40 menampilkan warna yang sama akurat seperti S20. Tetapi bagian langit mungkin dapat dikatakan lebih akurat. Jika dilihat lebih teliti lagi, tekstur pada subjek utama terlihat lebih jelas pada P40. Performa Auto Exposure memiliki keunggulan yang sama jika dibandingkan dengan S20. Pada uji coba di sini, secara keseluruhan detail foto dimenangkan oleh P40. Meski demikian, bukan berarti S20 tidak memiliki deatil yang bagus. Kita harus benar-benar teliti melihatnya agar dapat menemukan perbedaannya.

Kamera utama P40

Baik S20 dan P40 memiliki zoom maksimal hingga 30x. Performa zoom 30x pada S20 menghasilkan subjek yang tidak tajam dengan pinggiran yang tidak terlalu mulus. Warna yang dihasilkannya tidak tajam, serta tekstur yang menurun secara signifikan. Kabel baja dan besi pada wahana yang saya foto dari kejauhan tidak terlihat dengan jelas. Kabar baiknya adalah zoom 30x pada S20 tidak menampilkan pergeseran warna di pinggiran subjek.

Zoom 30x S20

Sedangkan hasil xoom maksimal pada P40 menampilkan warna yang lebih tajam dibandingkan dengan S20. Tekstur yang dihasilkannya menampilkan detail yang lebih tajam. Kabel dan besi pada wahana yang saya foto dari kejauhan kini terlihat jelas, berbeda seperti dengan hasil S20. Salah satu faktor yang membuat zoom 30x pada P40 lebih baik adalah bahwa ponsel ini memiliki focal length yang lebih panjang dari S20.

Zoom 30x P40

Selanjutnya saya ingin membandingkan mode Hi-Res yang ada di S20 dan P40. Pada S20, mode resolusi tinggi yang ditawarkannya adalah 64 MP. Hasil warnanya sangat baik. Selain itu, warna daun di kejauhan dapat terlihat jelas. Area bayangan pada sela-sela daun juga terlihat baik. Performa Auto White Balance dapat diacungi jempol karena warna putih terlihat tidak melenceng di bawah penerangan cuaca mendung berawan.

Mode Hi-Res S20

Mode Hi Res P40 memiliki resolusi 50 MP. Performa warna yang dihasilkannya tidak secerah warna pada S20. Ini dapat dibuktikan pada warna daun di kejauhan. Area bayangan di daun juga tidak menampilkan detail sebaik S20. Dalam hal performa Auto White Balance, mode Hi-Res P40 sangat dapat diandalkan. Hasil foto P40 pada mode Hi Res memiliki ukuran file sekitar 6,7 MB, sedangkan mode Hi Res pada S20 memiliki ukuran file sekitar 15 MB.

Mode Hi-Res P40

Ketika saya melakukan zoom maksimal pada hasil foto yang dipotret menggunakan mode Hi-Res, hasil yang diberikan S20 masih menampilkan tekstur yang baik pada tanaman di sebarang danau. Bunga-bunga di pohon terlihat cukup jelas. Warna daun setiap jenis pohon masih terlihat baik, begitu juga dengan rumput. Secara keseluruhan, hasil zoom maksimal pada foto mode Hi-Res tidak terlihat terlalu pecah.

Zoom Hi-Res mode S20

Pada hasil zoom mode Hi-Res P40, warna yang ditampilkannya tidak secerah hasil S20. Detail pada daun dan rumput juga tidak setajam seperti ketika saya memotret menggunakan mode Hi-Res pada S20. Keunggulan S20 pada titik ini kemungkinan ditopang oleh resolusi yang lebih tinggi.

Zoom Hi-Res mode P40

Jika kamu ingin mengambil foto dengan hasil bokeh pada latar belakang, maka gunakanlah mode Live Focus pada S20. Di ponsel dari Samsung ini, intensitas efek bokeh dapat diatur menggunakan slider pada layar. Yang mana tingkat efek bokeh terendah ditandai dengan angka 1 dan efek tertinggi dengan angka 7. Hasilnya sangat memuaskan, tidak ada gangguan pada tepi subjek utama. Efek bokeh pada celah patung pun dapat direproduksi dengan baik.

Hasil bokeh S20

Hasil efek bokeh pada latar belakang di P40 dapat dipilih melalui menu pemotretan Aperture. Intensitas efek efek bokeh dapat dipilih mulai dari f/0.95 hingga f/16. Hasil bokeh yang diberikannya pada kamera belakang P40 sama seperti S20, tidak ada gangguan di tepi subjek. Tetapi P40 memiliki efek bokeh yang lebih intens jika dibandingkan dengan S20 pada pengaturan tertingginya.

Hasil bokeh P40

Baik S20 dan P40 memiliki performa HDR yang unggul. Ketika memotret subjek yang membelakangi cahaya, S20 masih mampu menghadirkan performa Exposure yang optimal di setiap area. Warna hijau daun dan oranye di genteng rumah terlihat jelas tanpa gangguan under-exposure. Awan-awan pada langit juga dapat dilihat dengan jelas tanpa gangguan over-exposure.

HDR S20

Performa HDR kamera belakang P40 juga memiliki hasil yang bagus. Setiap warna subjek yang membelakangi cahaya masih terlihat dengan jelas tanpa gangguan under-exposure. Awan-awan tipis di langit juga dapat dilihat dengan jelas. Warna langit yang biru di sini menandakan tidak adanya gangguan over-exposure. Namun, P40 lebih baik dalam mengatasi cahaya di sekitar matahari, sehingga warna dan tekstur genteng di sekitar cahaya matahari lebih terlihat jelas. Intinya, secara keseluruhan hasil HDR P40 sedikit lebih bagus daripada S20.

HDR P40

    Share
    back to top