sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
Selasa, 08 Sep 2020 13:21 WIB

Ilmuwan berhasil ciptakan Game Boy tanpa baterai

Pengguna dapat terus bermain gim berkat karya inovatif untuk menyimpan data status ke sistem memori yang memungkinkan melanjutkan permainan.

Ilmuwan berhasil ciptakan Game Boy tanpa baterai
Source: Northwestern University via Engadget

Sebuah tim peneliti yang terdiri dari ilmuwan komputer dari Notrhwestern University di Illinois dan Delft University of Technology di Belanda telah berhasil mengembangkan Game Boy yang tidak menggunakan baterai sama sekali.

Agar dapat menghadirkan inovasi tersebut, Game Boy yang secara resmi diberi nama sebagai Engage tersebut dapat dimainkan selama berjam-jam hanya mengandalkan sinar matahari dan tombol pembangkit energi. Dilansir dari Engadget (8/9), panel surya yang terpasang di bagian depan perangkat menyediakan sumber utamanya, sedangkan tekanan pada tombol akan membantu menghasilkan daya tambahan.

Sayangnya sistem ini belum terlalu sempurna dan ada beberapa kelemahan. Saat cuaca tidak terlalu berawan, pengguna dapat memainkan Game Boy sekitar 10 detik sebelum harus dimatikan selama 1 detik. Perangkat ini juga tidak bisa mengeluarkan suara. Tetapi pengguna masih dapat terus bermain gim berkat karya inovatif untuk menyimpan data status ke sistem memori yang memungkinkan untuk melanjutkan permainan.

Lebih dari sekadar proyek DIY yang menarik, Engage adalah bukti konsep. Saat tim mulai membuat Game Boy, para penelitinya ingin menunjukkan bahwa membuat perangkat interaktif yang tidak membutuhkan baterai pun dapat dilakukan. Mereka tahu bahwa apa yang dibuat hanyalah langkah pertama. Ini akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan sebelum Switch dan elektronik lainnya tidak membutuhkan baterai. Namun, itu masih merupakan langkah maju yang signifikan untuk bidang komputasi.

Setelah mempresentasikan temuan mereka di konferensi UbiComp pada 15 September, tim Engage berencana untuk terus mengerjakan Game Boy mereka. Salah satu hal yang ingin mereka lakukan adalah menemukan cara untuk mempersingkat waktu jeda permainan saat perangkat mengisi tenaga listrik.

Share
×
img
×
tekid
back to top