sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
Sabtu, 20 Nov 2021 12:23 WIB

Viltrox rilis lensa 85mm f/1.8 untuk mirrorless full-frame Canon

Lensa itu dilengkapi pula dengan port input USB-C di bagian belakangnya sehingga memungkinkannya terhubung ke komputer.

Viltrox rilis lensa 85mm f/1.8 untuk mirrorless full-frame Canon

Perusahaan perlengkapan kamera asal Tiongkok, Viltrox, belum lama ini mengumumkan lensa AF 85mm f/1.8 baru untuk mount Canon RF. Ini menjadikannya lensa pertama yang diproduksi perusahaan tersebut untuk kamera mirrorless Canon yang memiliki fitur AF (autofocus).

Viltrox menjuluki 85mm f/1.8 sebagai lensa ringan dan ringkas tanpa mengorbankan performa. Panjangnya kurang dari 10 cm dan bobot hanya 530 gram tanpa penutup lensa dan hood. Dilansir dari PetaPixel (20/11), perusahaan itu mengklaim lensa terbarunya memiliki performa AF luar biasa untuk keperluan foto dan video.

Lensa ini dirancang untuk digunakan pada kamera mirrorless full-frame Canon dan dibuat dari 10 elemen dalam 7 kelompok, yang mencakup 4 elemen short-wavelength dan sangat transparan, serta 1 elemen extra-low dispersion (ED). Viltrox menyatakan rangkaian elemen ini mengurangi aberasi kromatik dan mewujudkan ketajaman tinggi serta warna yang akurat.

Ada pula penggunaan lapisan multi-layer HD Nano yang menurut perusahaan dapat mengurangi flare dan ghosting sekaligus meningkatkan kontras. Lapisan ini juga membuat lensa tahan percikan air dan membantu melindungi permukaan kaca yang terbuka dari kelembapan.

85mm f/1.8 menampilkan rentang aperture f/1.8 hingga f/16 melalui diafragma aperture 9 bilah. Lensa ini memiliki jarak fokus minimum 80 cm dan ukuran filter depannya adalah 72 mm.

Lensa buatan Viltrox itu menggunakan stepping motor (STM) untuk fokus otomatis, dan perusahaan mengklaim cukup cepat untuk mendeteksi dan melacak subjek dengan mudah, termasuk saat menggunakan Eye AF. Motor STM juga dikenal karena pengoperasiannya yang nyaris tanpa suara, ini dapat menghadirkan performa yang cukup tinggi untuk perekaman video.

Lensa itu dilengkapi pula dengan port input USB-C di bagian belakangnya sehingga memungkinkannya terhubung ke komputer untuk pembaruan firmware di masa mendatang. Viltrox kompatibel dengan kamera Canon EOS R, EOS RP, EOS R3, EOS R5, EOS R6, dan EOS C70. Harganya adalah USD400 (Rp5,7 juta).

Share
×
tekid
back to top