Tim Cook, Apple belum terpengaruh perang dagang AS-Cina

Intensitas perang dagang antara Amerika-Cina makin ketat. Mereka saling lempar kenaikan tarif impor yang berpotensi merugikan bisnis dan konsumen kedua belah pihak.

Tim Cook, Apple belum terpengaruh perang dagang AS-Cina

CEO Apple, Tim Cook mengatakan bahwa sejauh ini produk-produk Apple telah berhasil lolos dari dampak perang dagang Amerika-Cina, dan dia optimis akan tetap seperti itu.

Beijing mengatakan pada bulan Mei akan memberlakukan tarif 25% untuk barang-barang AS sebagai balasan atas rencana Trump untuk meningkatkan tarif barang-barang impor dari Cina. Analis memperkirakan biaya iPhone dapat meningkat sebanyak 14% sebagai hasilnya, tetapi itu belum terjadi, kata Cook dalam sebuah wawancara baru-baru ini bersama Cinet.


BACA JUGA

Penjualan AirPod generasi kedua lemah di Q1 2019

Apple tertarik beli bisnis modem 5G Intel

Wajah baru Apple Maps pada iOS 13 akan saingi Google Maps


"Orang Cina belum menargetkan Apple sama sekali, dan saya tidak mengantisipasi hal itu terjadi, jujur ​​saja," kata Cook.

Tarif impor barang Amerika di Cina diumumkan sebagai pembalasan atas Trump yang berjanji untuk meningkatkan tarif dari 10% menjadi 25% dari nilai impor Cina sekitar USD200 miliar dari Cina. Sebuah langkah yang akan merugikan konsumen dan bisnis Amerika. Tarif baru impor barang Cina mulai berlaku pada bulan Mei meskipun pembicaraan perdagangan lanjutan antara kedua pemerintah masih berlanjut.

"Cara Anda menghentikan polarisasi adalah dengan berbicara. Ini seperti langkah pertama. Dan saya tidak ingin menjadi bagian dari masalah - saya ingin menjadi bagian dari solusi." ujar Cook.

Cook menilai pembicaraannya dengan Trump cukup mudah, dengan banyak dialog terjadi di antara mereka.

"Dia mendengarkan komentar, yang aku hargai," kata Cook. 

"Kadang-kadang dia tidak setuju, tetapi filosofi saya tentang banyak hal adalah, kamu selalu terlibat, bahkan ketika kamu tahu bahwa kamu akan berakhir di sisi yang sangat berlawanan." ujarya lagi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: