Samsung siapkan teknologi fabrikasi 3nm

Selain TSMC, Samsung juga persiapkan produksi teknologi fabrikasi 5nm dan kembangkan teknologi fabrikasi 3nm.

Samsung siapkan teknologi fabrikasi 3nm Exynos 9820 (Samsung)

TSMC saat ini menjadi salah satu perusahaan semikonduktor yang tengah fokus mengembangkan prosesor dengan proses fabrikasi terbaru. Saat ini, mereka dikabarkan tengah mempersiapkan fabrikasi 3nm dan meluncurkan prosesor fabrikasi 5nm tahun depan.

Ternyata, bukan mereka saja yang fokus pada proses fabrikasi baru. Samsung juga ternyata sudah mempersiapkan teknologi yang sama. Wccftech (16/5/2019) melaporkan, mereka sudah siap memproduksi teknologi fabrikasi FinFET 5nm dan mengembangkan teknologi fabrikasi GAAFET 3nm, yang akan bernama Multi-Bridge-Channel-FET (MBCFET).


berita tentang tek.id

BACA JUGA

AMD siapkan Ryzen 5 baru untuk bersaing dengan Intel Core i5

Intel i9-9900KS punya TDP 127W

Bocoran Cascade Lake X 10 core 20 threads mencuat


Hal ini diumumkan oleh perusahaan asal Korea Selatan tersebut dalam acara Samsung Foundry Forum di Santa Clara. Mereka mengumumkan pengembangan teknologi yang mereka sebut sebagai pengembangan GAA 3nm, atau dijuluki sebagai 3GAE .

Samsung melakukan pengembangan dengan menggunakan Gate-All-Around (GAAFET) bersama IBM. Tapi, seperti yang sudah disebutkan di atas, Samsung dan IBM menyebut teknologi ini sebagai MBCFET.

Berbeda dengan desain tradisional FinFET, GAAFET memungkinkan material gerbang mengelilingi saluran dari semua sisi. Samsung mengklaim bahwa desain MBCFET akan meningkatkan perilaku proses aktif-nonaktif dan memungkinkan prosesor mengurangi tegangan operasional di bawah 0,75V.

Poin penting untuk MBCFET adalah bahwa prosesnya sepenuhnya kompatibel dengan desain FinFET dan tidak memerlukan alat baru untuk pembuatannya. MBCFET 3nm akan mengurangi konsumsi daya dan luas permukaan masing-masing 30 persen dan 45 persen jika dibandingkan dengan FinFET 7nm.

Teknologi ini juga akan menghasilkan peningkatan kinerja sebesar 40 persen dari node kinerja yang ditemukan di perangkat kelas atas saat ini. Meskipun ini terdengar menarik, itu bukan satu-satunya bagian dari teka-teki teknologi tersebut.

Selain itu, pada forum yang sama, Samsung juga menyoroti rencana untuk node proses 6nm, 5nm, dan 4nm. Menurut mereka, pihaknya akan memulai produksi massal 6nm pada paruh kedua 2019. Sedangkan selama periode waktu yang sama, perusahaan akan menyelesaikan pengembangan proses pembuatan 4nm.

Samsung juga mengungkapkan bahwa desain produk untuk proses 5nm mereka akan selesai selama paruh kedua 2019. Sedangkan untuk memasuki produksi massal, mereka akan melakukannya pada tahun 2020, atau di sekitar waktu yang sama dengan proses 5nm TSMC.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: