sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Jumat, 17 Des 2021 10:41 WIB

Saingi Qualcomm, pangsa pasar MediaTek melonjak

Hasil Counterpoint menunjukkan performa MediaTek yang kuat dalam pengiriman chipset 4G, yang telah menghasilkan 40% pengiriman.

Saingi Qualcomm, pangsa pasar MediaTek melonjak
Source: Counterpoint via Gizmochina

Perusahaan riset teknologi Counterpoint Research telah merilis laporan pengiriman triwulanan ketiga dan angka-angka menunjukkan bahwa MediaTek memimpin pengiriman SoC. Data menunjukkan kesenjangan yang semakin besar antara MediaTek dan Qualcomm dalam pengiriman chipset pada kuartal ketiga tahun 2021. Unisoc berhasil bertengger di atas Samsung. Kebangkitan MediaTek berbanding terbalik dengan penurunan yang tampaknya stabil dari HiSilicon yang sekarang memegang sekitar 2% dari pasar.

Dilansir dari Gizmochina (17/12), hasil Counterpoint menunjukkan performa MediaTek yang kuat dalam pengiriman chipset 4G yang banyak diminati, yang telah menghasilkan 40% pengiriman secara besar-besaran. Meski beberapa pembuat chip terus mengeluh karena ketidakmampuan mereka untuk memenuhi permintaan yang meningkat untuk chip 5G, pengiriman perusahaan asal taiwan tersebut terus melonjak jumlahnya. Qualcomm masih menjadi pemimpin di segmen pasar 5G dalam hal pengiriman.

Qualcomm, bahkan dengan ketidakpastian dan kesulitan rantai pasokan, masih mempertahankan 62% dari pasar chip 5G, terutama didorong oleh kemampuannya dalam memiliki banyak kontraktor untuk pembuatan SoC penting di bawah jajaran 5G mereka. Perusahaan asal AS tersebut juga menikmati lonjakan jumlah pengiriman chip 5G karena permintaan besar-besaran untuk iPhone 13 pada September ketika diluncurkan.

Pabrikan chip lain yang memiliki performa kuat pada Q3 2021 adalah Unisoc. Ini mencapai pangsa pasar dua digit dan menyalip Samsung ke posisi 3. Kinerja secara keseluruhan telah menyaksikan perusahaan memiliki pertumbuhan kuartal ketiga. Itu terutama didorong oleh kemampuannya untuk mengamankan kemitraan dengan beberapa merek ponsel dan menawarkan pasokan komponen ke Honor dengan mengorbankan HiSilicon.

Share
×
tekid
back to top