sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
Senin, 14 Sep 2020 12:43 WIB

Rencana Huawei terkait HarmonyOS

Sebuah gambar di internet mengungkap rencana Huawei untuk adopsi sistem operasi HarmonyOS di masa depan.

Rencana Huawei terkait HarmonyOS
Source: Weibo

Huawei terus memberikan kejutan usai merampungkan Huawei Developer Conference 2020 beberapa hari lalu. Sebelumnya perusahaan Tiongkok ini sudah mengumumkan kehadiran sistem operasi HarmonyOS 2.0. Huawei menyebut kalau sistem operasi ini akan tersedia untuk platform mobile, yang tidak lain adalah tablet dan smartphone

Nah, tidak lama sesudah itu, sebuah gambar bocor di internet. Gambar itu menunjukkan rencana Huawei untuk beberapa perangkat yang nantinya akan menjalankan sistem operasi HarmonyOS 2.0. Tentunya, seperti yang sudah disebutkan, sistem operasi ini akan berjalan di lintas platform. 

Dalam gambar yang muncul di Weibo, bagian tengah yang menjadi pusat dari semuanya merupakan sebuah lingkaran dengan tulisan ‘Powered by HarmonyOS’. Tampaknya rencana adopsi sistem operasi ini akan berlaku pada dua tingkatan, yakni pada tingkatan pertama meliputi komputer, smart speaker, laptop, earphone, smartwatch, tablet, mobil hingga smartphone. Sementara di lingkaran kedua, ada sejumlah perangkat smarthome. Di antaranya adalah vacuum cleaner, lampu, kamera cctv hingga air purifier. 

Gambar ini sekilas mirip dengan plot ekosistem yang pernah diumumkan Huawei sebelumnya. Ya, strategi 1+8+N milik Huawei yang menjadikan smartphone sebagai pusat dari seluruh ekosistemnya. Ini mungkin bagan yang berbeda sama sekali, mengingat pusat dari bagan terbaru ini adalah sistem operasi HarmonyOS 2.0. 

Dilansir dari Gizmochina (14/9), logo Power by HarmonyOS ini kemungkinan besar akan muncul ketika pengguna mulai menyalakan perangkat buatan Huawei. Kira-kira mirip seperti Power by Android pada ponsel android pada umumnya. 

Sampai saat ini, Huawei sudah memiliki beberapa perangkat yang muncul dalam bagan itu, di antaranya adalah Huawei Vision, sebuah smart TV dengan layar 4K Quantum Dot. Perusahaan ini juga mengindikasikan akan hadirnya smart TV dengan sistem operasi HarmonyOS pada 19 September mendatang. 

Tidak lepas dari itu, Huawei sendiri memastikan bahwa smartphone buatannya akan dapat bermigrasi ke HarmonyOS. Ini akan berlaku bagi smartphone yang sudah menjalankan antarmuka EMUI 11. Meski begitu, Huawei belum menyebut dengan detail mengenai mekanisme migrasi ini. 
 

Share
×
img
×
tekid
back to top