sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
Kamis, 10 Sep 2020 16:50 WIB

HarmonyOS 2.0 meluncur, bisa dipakai di smartphone

Huawei resmi meluncurkan HarmonyOS 2.0, sekaligus membagikan SDK HarmonyOS untuk beberapa perangkat bagi para pengembang.

HarmonyOS 2.0 meluncur, bisa dipakai di smartphone

Huawei baru saja menyelesaikan Huawei Developer Conference di Songshan Lake, Dongguan. Dalam konferensi ini, Huawei akhirnya resmi meluncurkan HongMeng 2.0 atau secara global lebih dikenal sebagai HarmonyOS 2.0. Salah satu kejutan yang diberikan Huawei dalam acara ini adalah sistem operasi tersebut akan tersedia untuk platform mobile

Untuk diketahui, saat ini HarmonyOS hanya merupakan sistem operasi yang didesain untuk lintas perangkat seperti TV dan perangkat IoT buatan Huawei. Ren Zheng Feng, Founder Huawei sebelumnya pernah membuat pernyataan bahwa HarmonyOS bukanlah sistem operasi yang dibuat untuk menyaingi Android dan iOS. Sistem operasi ini hadir sebagai rencana cadangan Huawei kalau suatu saat nanti pembatasan AS membuat mereka tidak bisa mengakses bagian-bagian penting Android. 

Nyatanya, isu kehadiran smartphone Huawei dengan HarmonyOS berhembus kencang akhir-akhir ini. Kendati pihak Huawei mengatakan tidak akan ada ponsel Huawei dengan HarmonyOS tahun ini, tidak menutup kemungkinan kalau tahun depan sistem operasi ini akan benar-benar hadir di smartphone

Dilansir dari TheVerge (10/9), di HarmonyOS 2.0 ini, Huawei mulai membuat SDK untuk versi beta kepada para pengembang. Saat ini SDK itu hanya mendukung penggunaan di smartwatch, head unit mobil, dan TV. Yang menarik adalah Huawei akan menyediakan SDK untuk smartphone pada Desember 2020. Yu mengindikasikan kalau ponsel dengan HarmonyOS kemungkinan akan muncul tahun depan. 

Tidak dapat dipungkiri, ini merupakan langkah besar bagi Huawei. Selama ini, perusahaan asal Tiongkok ini terus berpegang untuk menggunakan sistem operasi Android, walaupun saat ini terbatas pada versi open source-nya saja, tanpa memasukkan layanan Google. Belum diketahui dengan pasti, apakah kalau sistem operasi ini sudah matang, smartphone Huawei bakal bercerai dengan sistem operasi android. 

Yang jelas, dalam konferensi itu Huawei meluncurkan proyek OpenHarmony. Ini merupakan proyek di mana para pengembang dapat membangun versi open source dari sistem operasi ini. Konsepnya akan sama seperti AOSP di Android. Saat ini, proyek itu hanya mendukung perangkat dengan kapasitas RAM di bawah 128MB. Namun April tahun depan, Huawei akan meningkatkan batasannya sampai RAM 4GB. Artinya dengan batasan itu, smartphone mulai dapat dimasukkan di proyek ini. Sementara batasan itu akan dihapus sepenuhnya pada Oktober 2021. 

Bagaimana pun juga, HarmonyOS merupakan proyek yang sangat penting untuk Huawei. Keberhasilan proyek ini akan membuktikan kalau perusahaan asal Tiongkok ini dapat melepaskan ketergantungannya pada Google. Kendati begitu, tentunya hal ini tidak menyelesaikan tantangan Huawei begitu saja. Perusahaan ini masih harus memikirkan cara untuk mendapatkan pasokan chip untuk digunakan di smartphone buatannya. 
 

Share
×
img
×
tekid
back to top