sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
Rabu, 09 Jun 2021 16:56 WIB

Razer rancang robot pembersih laut berbasis AI

Dalam kolaborasi dengan ClearBot, insinyur dan desainer Razer memberikan sentuhan pada ClearBot sehingga menjadi sebuah produk dengan skalabilitas dan dapat dipasarkan secara massal

Razer rancang robot pembersih laut berbasis AI

Razer baru saja mengumumkan kolaborasi dengan perusahaan pembersih limbah laut bernama ClearBot. Kemitraan ini terjalin dalam rangka merayakan Hari Laut Sedunia. Kolaborasi ini juga diklaim sejalan dengan salah satu program 10 tahun Razer, yaitu Green Investment yang bertujuan untuk mendukung perusahaan startup berfokus pada lingkungan dan kesejahteraannya.

Dengan dekitar 11 juta ton plastik memasuki lautan setiap tahunnya, perusahaan pembersih laut sering menghadapi kesulitan dikarenakan teknologi yang kurang memadai dari segi kualitas, biaya, dan efisiensi. Tim ClearBot merancang robot yang memanfaatkan penglihatan kecerdasan buatan (AI) untuk mengidentifikasi berbagai jenis limbah plastik laut.

“Kita sangat senang mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan sebuah perusahaan startup yang berfokus dalam menyelamatkan lingkungan. AI unik dan teknologi Machine Learning yang canggih milik ClearBot akan membantu pemerintah serta organisasi di seluruh dunia untuk memperluas upaya penyelamatan lingkungan”, kata perwakilan Razer.

Dalam kolaborasi dengan ClearBot, insinyur dan desainer Razer telah berkontribusi dalam memberikan keahlian teknis untuk membantu mengubah produk awal yang telah dibuat oleh ClearBot menjadi sebuah produk dengan skalabilitas dan dapat dipasarkan secara massal. Memanfaatkan pengetahuan manufaktur Razer, ClearBot mampu mengembangkan desain robot menjadi lebih pintar dan efisien.

Robot baru yang dirancang dan sepenuhnya otomartis ini dipersenjatai dengan AI mutakhir serta kemampuan machine learning yang dapat mendeteksi limbah plastik laut dalam jarak 2 meter pada perairan bergelombang. Robot ini dapat mengumpulkan hingga 250 kg plastik dalam 1 siklus sembari bekerja dengan energi bertenaga surya.

Share
×
tekid
back to top