sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 01 Mar 2022 09:38 WIB

Qualcomm ungkap modem X70 5G

Pihak Qualcomm mengumumkan kehadiran modem penerus X65 5G, yakni X70 5G di ajang MWC 2022 yang menawarkan kestabilan internet yang lebih baik.

Qualcomm ungkap modem X70 5G

Qualcomm pada ajang MWC 2022 mengumumkan beberapa teknologi terbaru mereka yang akan hadir dalam beberapa pembaruan dan rencana perusahaan tersebut selama beberapa tahun kedepan. Namun, ada satu pengumuman yang menarik banyak perhatian pengunjung ajang tersebut. Dan salah satunya adalah diumumkannya modem 5G generasi terbaru yang merupakan penerus dari X65.

Pihak Qualcomm sendiri menyebut modem ini sebagai Qualcomm X70 5G. Salah satu keunggulan dari modem ini adalah meningkatkan kecepatan rata-rata internet untuk pengalaman penggunaan yang lebih stabil. Sedangkan untuk kecepatan puncaknya, modem ini memiliki kecepatan puncak di 10Gbps. Kecepatan yang ditawarkan saat ini memang masih melebihi kebutuhan pengguna media sosial dan penikmat layanan streaming, karena lebih membutuhkan kestabilan transfer data dibanding kecepatan tinggi.

Tak ketinggalan, mereka juga saat ini mengumumkan bahwa konektivitas yang menggunakan teknologi mmWave semakin membaik. Seperti diketahui, mmWave idealnya membutuhkan koneksi langsung dengan stasiun pangkalan 5G, tetapi sinyal juga dapat ditangkap saat memantul di gedung.

Sebagai gantinya, Qualcomm mengatakan bahwa melihat peluang memperbaiki hal tersebut melalui perangkat lunak untuk meningkatkan sinyal yang ditafsirkan dan untuk mengurangi tingkat kesalahan.

Untuk membantu upaya ini, Qualcomm telah menyertakan prosesor AI di dalam modem. AI ini akan bertugas sebagai pemilah karena pemrosesan sinyal memiliki karakteristik "komputasi perseptif”.

AI dapat digunakan untuk mengenali pola gelombang radio tertentu dan memperbaiki sinyal, seperti halnya kita dapat menggunakan AI untuk menghilangkan noise pada gambar.

Share
×
tekid
back to top