sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Rabu, 05 Mei 2021 09:11 WIB

Pasar TWS diperkirakan tumbuh pesat

Tahun 2020 pandemi Covid-19 telah mempengaruhi pasar TWS di Tiongkok. Namun kini situasinya telah membaik, dengan kapasitas produksi yang berjalan secara penuh.

Pasar TWS diperkirakan tumbuh pesat

Pasar earphone true wireless stereo (TWS) global diperkirakan akan tumbuh sebanyak 33 persen dalam periode tahunan (YoY) 2021, dengan mencapai 310 juta unit. Kenaikan ini diikuti oleh pertumbuhan besar-besaran 78% YoY pada tahun 2020.

Pangsa pasar TWS mengalami pengiriman yang sedikit melampaui ekspetasi pada tahun 2020, mencapai 233 juta unit, sebagaimana laporan dari Counterpoint Research. Meskipun demikian, performa kenaikan tersebut didorong terutama oleh segmen kelas bawah hingga menengah.

Dilansir dari Gizmochina (5/5), tahun 2020 pandemi Covid-19 telah memengaruhi pasar TWS di Tiongkok. Namun kini situasinya telah membaik, dengan kapasitas produksi yang berjalan secara penuh. Selain itu, permintaan pasar akan produk online lebih tinggi dibandingkan perangkat elektronik lainnya.

Secara khusus, penjualan itu juga didukung oleh kegiatan bekerja atau belajar dari rumah yang membuat konsumen lebih cenderung membeli perangkat elektronik dan lainnya. Oleh karena itu, proporsi earphone TWS kelas menengah ke bawah mengalami penjualan yang lebih baik. Meski vaksin di seluruh dunia telah membantu meringankan dampak Covid-19, permintaan untuk TWS kelas atas diperkirakan tidak akan terdongkrak hingga akhir Q3 2021.

“Yang paling diantisipasi adalah rilis baru dari Apple, yang pertama dalam dua tahun. Kami berharap ini menjadi salah satu pendorong terbesar pertumbuhan pasar TWS dari Q4 2021 hingga tahun depan. Apple akan mempertahankan kepemimpinan pasar yang kuat berdasarkan basis pelanggan setianya, meskipun pangsa pasarnya pasti akan jatuh dengan persaingan yang semakin ketat. Pada titik ini, fokus pasar secara bertahap akan bergeser menuju segmen harga menengah ke atas karena vaksinasi membantu sentimen konsumen meningkat”, kata Senior Research Analyst, Liz Lee.

Share
×
tekid
back to top