sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Selasa, 30 Apr 2024 10:14 WIB

MediaTek bersiap luncurkan chipset terbaru Dimensity 9300+ pada 7 Mei

Dimensity 9300+ tidak memiliki inti CPU yang dikhususkan untuk efisiensi energi rendah, melainkan mengandalkan empat inti CPU Cortex-X4 dan empat inti CPU kinerja Cortex-A720.

MediaTek bersiap luncurkan chipset terbaru Dimensity 9300+ pada 7 Mei

Produsen chip Taiwan, MediaTek, dijadwalkan akan meluncurkan prosesor aplikasi (AP) terbaru mereka, Dimensity 9300+, pada 7 Mei mendatang. Prosesor tersebut akan menjadi versi yang diperbaharui dari Dimensity 9300 yang saat ini digunakan dalam seri vivo X100.

Berbeda dengan chipset smartphone umumnya, Dimensity 9300+ tidak memiliki inti CPU yang dikhususkan untuk efisiensi energi rendah, melainkan mengandalkan empat inti CPU Cortex-X4 dan empat inti CPU kinerja Cortex-A720. Dikutip dari Phone Arena (30/4), menyebutkan bahwa inti utama Cortex-X4 pada chipset yang baru ini akan beroperasi pada kecepatan puncak 3,4 GHz, meningkat dari 3,25 GHz pada model sebelumnya, sedangkan tiga inti lainnya tetap pada 2,85 GHz.

Chipset ini juga akan mempertahankan kecepatan 2,0 GHz untuk keempat inti Cortex-A720-nya. Peningkatan signifikan lainnya termasuk unit pemrosesan AI (APU) yang ditingkatkan, mendukung inovasi pada aplikasi kecerdasan buatan seperti pengolahan gambar AI yang dapat mengubah elemen-elemen dalam foto, seperti yang ditunjukkan vivo dalam demo baru-baru ini.

Vivo X100s, yang diperkirakan akan menggunakan Dimensity 9300+, telah menunjukkan kemampuan mengesankan dengan mencetak 2,3 juta poin di aplikasi benchmark AnTuTu, menandakan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan pendahulunya.

Peluncuran Dimensity 9300+ ini menandai langkah MediaTek dalam menghadapi persaingan ketat di pasar chipset global, yang juga bersiap untuk kedatangan Dimensity 9400 AP pada kuartal keempat tahun ini. Chipset berikutnya ini akan diproduksi menggunakan teknologi 3nm generasi kedua dari TSMC dan akan memasukkan inti CPU Cortex-X5 baru.

 

Tag
Share
×
tekid
back to top