sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 03 Mar 2022 12:21 WIB

MediaTek jadi pemasok chip teratas di AS

Mediatek merupakan pabrikan chipset asal Taiwan. Kuartal keempat tahun lalu mereka memperoleh pangsa pasar yang cukup tinggi di AS.

MediaTek jadi pemasok chip teratas di AS

MediaTek baru saja mengumumkan bahwa mereka telah menjadi pemasok chip terkemuka untuk ponsel Android di Amerika Serikat. Pengumuman ini datang bersamaan dengan rencana perusahaan untuk masa depan chip 5G mereka.

Ini menandai perubahan besar karena Qualcomm, pembuat chip asal AS, telah menjadi pemasok dominan semikonduktor di pasar ponsel. Menurut laporan IDC, kuartal keempat tahun lalu menyaksikan MediaTek memperoleh pangsa pasar 51% di AS untuk chip ponsel Android.

Dilansir dari Gizmochina (3/3), laporan tersebut menambahkan bahwa performa unggul Mediatek dapat dikaitkan dengan penjualan yang kuat di ponsel dengan banderol harga di bawah USD400. Segmen ini sebelumnya didominasi oleh Qualcomm.

Di sisi lain, MediaTek juga mengumumkan bahwa mereka telah menerima sertifikasi gelombang milimeter dengan operator utama AS  (dirumorkan sebagai Verizon) dan akan segera menawarkan ponsel gelombang milimeter kelas menengah di AS pada paruh kedua tahun ini. Khususnya, Verizon hanya menawarkan gelombang milimeter untuk ponsel 5G-nya. Jadi, chip 5G baru MediaTek akan memungkinkan perangkat menengah terlaris juga dimasukan ke dalam daftar Verizon.

Selain itu, MediaTek juga baru-baru ini mengumumkan prosesor seri Dimensity 8000 dan Dimensity 8100 yang menargetkan segmen kelas menengah, sebagai lawan dari Dimensity 9000, yang ditujukan untuk ponsel premium. Jadi, masih harus dilihat apakah chip barunya membantu meningkatkan pangsa pasarnya dan memperlebar jarak antara MediaTek dan Qualcomm.

Share
×
tekid
back to top