sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
Kamis, 02 Apr 2020 10:55 WIB

Karena corona, layanan streaming gim alami lonjakan pengguna

Mulai dari Mixer, Facebook Gaming, YouTube Gaming Live, dan Twitch dilaporkan mengalami lonjakan pengguna saat lockdown akibat penyebaran virus corona.

Karena corona, layanan streaming gim alami lonjakan pengguna
Credit : Logitech

Seperti diketahui, penyebaran virus corona membuat semua kalangan, mulai dari pelajar hingga pekerja diam di rumah. Hal ini menyebabkan berbagai ISP di seluruh dunia mengeluhkan adanya peningkatan trafik yang hebat selama tiga pekan terakhir ini.

Ada beberapa layanan yang menunjukkan adanya peningkatan trafik yang cukup besar, salah satunya adalah layanan streaming. Bukan platform streaming film saja, namun layanan streaming gim pun cukup meningkat drastis.

Dari keempat layanan streaming, yakni Mixer, Facebook Gaming, YouTube Gaming Live, dan Twitch, terlihat adanya peningkatan penggunaan. Twitch mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan tiga lainnya mengalami peningkatan yang kurang menggairahkan.

Engadget (2/4) melaporkan, Streamlabs dan Stream Hatchet telah mencatatkan adanya peningkatan jam tayang sebesar 23% antara Februari dan Maret untuk Twitch, menjadi lebih dari 1,2 miliar. 

Mixer milik Microsoft mengalami kenaikan 15,9%, sementara YouTube Game Streaming mengalami peningkatan 10,7%. Di sisi lain, Facebook Gaming melihat peningkatan 3,8%.

 

Lonjakan Pengguna Layanan Streaming Game (Engadget)

 

Twitch juga melihat lonjakan 17% dalam total jam tayang dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, dan lompatan 19,5% untuk jumlah pengguna yang aktif bersamaan. Jumlah unique channel telah melonjak 33% selama kuartal terakhir.

Sementara jumlah total penonton streaming menurun sepanjang 2019, namun sekarang mencapai rekor tertinggi 121 juta jam. Jumlah pengguna naik sebagian karena ada lebih banyak streamer, bukan hanya lebih tertarik pada channel yang sudah ada.

Meski demikian, Facebook Gaming telah mengalami lonjakan selama setahun terakhir, dan Mixer menikmati jumlah tayangan streaming tertinggi kedua sekaligus lebih banyak streamer daripada gabungan Facebook dan YouTube.

Meskipun demikian jelas bahwa Twitch mendapat manfaat paling banyak dari perubahan perilaku yang tiba-tiba ini. Tapi, jumlah ini bisa saja akan menurun drastis setelah keadaan menjadi normal seperti sedia kala.

Share
back to top