sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 11 Okt 2022 18:50 WIB

YouTube luncurkan fitur handle untuk permudah interaksi

Format @namapengguna bisa digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan orang lain di dalam platform YouTube.

YouTube luncurkan fitur handle untuk permudah interaksi

YouTube bakal mempermudah semua pengguna mengidentifikasi diri mereka untuk mengarahkan lebih banyak penonton ke saluran yang dimiliki. Perusahaan dilaporkan telah mengumumkan fitur handle yang akan dipakai di seluruh platform. 

Lewat fitur baru handle, pengguna aplikasi YouTube dimungkinkan untuk berinteraksi dengan memakai format @namapengguna. Ini bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan penonton di YouTube Shorts, halaman saluran (channel), deskripsi video hingga komentar. 

Aturan baru dari YouTube bakal tersedia untuk semua akun yang berada di aplikasi streaming media tersebut. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu memenuhi persyaratan tertentu agar bisa menikmati fitur baru di YouTube ini. 

“Anda tidak perlu memiliki akun dengan syarat tertentu atau jumlah pelanggan untuk mengklaim @ unik Anda sendiri,” ujar juru bicara YouTube, dikutip dari TechCrunch (11/10). 

Sebelumnya, YouTube diketahui hanya menawarkan dukungan terbatas untuk format tersebut. Perusahaan hanya menghadirkan format ‘@’ untuk memungkinkan kreator konten menyebut channel mereka di dalam judul dan deskripsi video dan menyebut akun pengguna lewat fitur Live Chat di YouTube. 

Fitur handle ‘@’ ini disebut bakal menjadikan para pengguna menjadi lebih mudah dikenali secara cepat dan konsisten di seluruh platform. Nantinya, pengguna bisa memakai ‘@’ untuk menyebut orang lain di komentar, pos komunitas, deskripsi video, serta ruang lain yang terdapat di aplikasi YouTube. 

“Handle baru akan muncul di halaman saluran dan Shorts, menjadikannya dapat dikenali secara instan dan konsisten di seluruh platform,” tambah YouTube. 

Meski demikian, fitur handle ‘@’ ini tidak akan menggantikan nama channel yang dimiliki oleh para pengguna dan menjadi simbol unik di platform YouTube. Hal ini dimaksudkan untuk memungkinkan para kreator mengidentifikasi kehadiran yang berbeda di dalam platform tersebut. 

Dukungan fitur baru handle ‘@’ di YouTube akan diluncurkan secara bertahap mulai pekan depan. Lewat peluncuran ini, format @namapengguna bakal muncul lebih awal di channel YouTube kreator konten yang telah mapan. 

YouTube juga akan membuat URL yang cocok dalam format youtube.com/@handle untuk memungkinkan kreator mempromosikan saluran mereka di media lain seperti website dan media sosial. Apabila saluran tersebut telah memiliki URL yang ditautkan pada sejumlah media, URL tersebut secara otomatis akan dialihkan ke URL berbasis fitur baru.
 

Share
×
tekid
back to top