sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 21 Jan 2022 13:23 WIB

Google siapkan headset AR, meluncur 2024

Dalam pengembangan headset AR yang diberi nama Project Iris, Google disebut telah melibatkan cukup banyak pihak.

Google siapkan headset AR, meluncur 2024

Google selama beberapa tahun belakangan ini memang sudah membuang proyek headset Daydream VR mereka. Hal ini wajar, dikarenakan headset tipe tersebut ternyata kurang laku di pasaran.

Namun, ini bukan berarti Google benar-benar menyerah dalam membuat headset sama sekali. Sebab, dalam sebuah laporan terbaru dari Engadget (21/1), perusahaan mesin pencari raksasa tersebut masih mengembangkan headset baru, namun kini fokus ke headset AR.

Dalam bocoran terbaru, Google menyebut projek ini sebagai Project Iris. Mereka dikabarkan telah menggarap proyek ini selama beberapa tahun terakhir, dan berencana untuk merilisnya pada 2024 mendatang.

Headset ini akan menggunakan prosesor khusus milik Google. Tak ketinggalan, mereka juga akan menampilkan kamera pelacak yang menghadap ke luar. Untuk OS sendiri, mereka menggunakan OS Android yang dibuat secara khusus.

Untuk mengerjakan perangkat ini, Google terlibat dengan cukup banyak sosok penting. Beberapa diantaranya seperti Clay Bavor, manajer stan telepresence 3D Project Starline; pencipta Google Assistant, Scott Huffman; manajer ARCore, Shahram Izadi; dan Mark Lucovsky, mantan pemimpin pengembangan OS internal Meta. Divisi Pixel juga diyakini terlibat dalam beberapa pekerjaan perangkat keras.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada komentar apapun dari Google, meski CEO mereka, Sundar Pichai sudah memberikan isyarat bahwa AR adalah fokus utama perusahaan tersebut saat ini. Meski demikian, target untuk meluncurkan alat ini pada 2024 mendatang terbilang cukup ambisius.

Share
×
tekid
back to top