Cryptocurrency Facebook akan hadir tahun depan

Setelah merekrut David Marcus, mantan presiden PayPal ke divisi blockchain, Facebook kabarnya akan siap merilis cryptocurrency miliknya di kuartal pertama 2020.

Cryptocurrency Facebook akan hadir tahun depan Source: Pexels

Facebook bersiap akan merilis cryptocurrency miliknya pada kuarter pertama tahun depan. Cryptocurrency yang kabarnya akan bernama GlobalCoin itu akan mulai diuji coba pada akhir 2019 nanti dan akan tersedia pada beberapa negara saat peluncurannya nanti.

TheVerge (27/5) melaporkan bahwa Facebook berencana untuk memberikan detail lanjutan mengenai GlobalCoin pada akhir 2019 mendatang. GlobalCoin diharapkan dapat menawarkan pembayaran yang terjangkau dan aman kepada orang-orang tanpa memerlukan rekening bank.


BACA JUGA

Facebook uji pengaturan notifikasi baru

Facebook dukung beragam komunitas untuk tumbuh di ranah offline

Perkenalkan Calibra, dompet digital dari Facebook


Namun untuk saat ini, mata uang itu masih harus mengatasi beberapa rintangan terkait urusan teknis dan regulasi sebelum dapat diluncurkan secara resmi. Untuk itu, Mark Zuckerberg kabarnya sudah mengadakan pertemuan dengan Gubernur Bank Inggris. Dalam pertemuan itu didiskusikan perihal keuntungan dan risiko yang akan didapatkan Facebook ketika meluncurkan mata uang digital tersebut.

Untuk diketahui, GlobalCoin didesain untuk menjadi “stablecoin”. Kursnya dipatok berdasarkan mata uang Amerika Serikat untuk meminimalisir adanya perubahan kurs yang biasanya menghantui cryptocurrency. Kendati begitu, meski tanpa adanya perubahan kurs layaknya cryptocurrency pada umumnya, Facebook masih harus berusaha keras meraih simpati penggunanya untuk mempercayai GlobalCoin. Pasalnya dalam beberapa tahun belakangan, perusahaan itu kerap dilanda skandal mengenai isu keamanan dan data-data pribadi pengguna.

Kabar bahwa Facebook akan menghadirkan cryptocurrency sendiri muncul setelah perusahaan Mark Zuckerberg ini merekrut David Marcus. Adapun David Marcus sebelumnya menjabat sebagai dewan direksi Coinbase dan presiden PayPal dari 2012 hingga 2014. Di Facebook, ia bertugas memimpin divisi blockchain yang baru dibentuk.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: