sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
Selasa, 23 Jun 2020 10:09 WIB

Apple ubah kebijakan di App Store

Apple mengungkapkan akan mengubah kebijakan mengenai cara kerja App Store. Pengembang yang diblokir nantinya dapat mengajukan banding terhadap hal tersebut.

Apple ubah kebijakan di App Store
Source: Apple

Apple baru saja mengumumkan perubahan pada peraturan di App Store. Dengan perubahan ini, pengembang aplikasi di App Store dapat mengajukan banding ke Apple bukan hanya terhadap penolakan aplikasi, tetapi juga peraturan yang menyebabkan hal tersebut. Perubahan ini dipandang akan mengubah cara bagaimana App Store beroperasi. 

Dalam blog resminya, Apple mengungkapkan bahwa ada dua hal yang diubah perusahaan tersebut, yakni kemungkinan untuk mengajukan banding dan masalah perbaikan bug untuk aplikasi yang sebelumnya sudah tersedia di App Store. 

Perubahan kebijakan ini terjadi menyusul adanya kasus penghentiaan aplikasi Hey di App Store. Hey merupakan aplikasi email untuk pengguna iOS yang bekerja di semua platform, seperti Mac, Windows, Linux, iOS dan Android, namun tidak menggunakan protokol standar sebuah email. 

Karena kebijakan tersebut, pengembang Hey, Basecamp tidak lagi dapat memberikan update atau menambahkan fitur baru ke aplikasinya melalui App Store. Apple meminta Basecamp untuk menambahkan opsi berlangganan aplikasinya melalui in-app purchase, di mana Apple akan menarik 15-30% dari setiap transaksi yang terjadi. 

Perubahan kedua, perbaikan bug tidak akan lagi terlambat untuk aplikasi yang dihentikan oleh Apple. Artinya, dalam kasus Hey, Basecamp dapat memberikan update hanya sebatas pada perbaikan bug saja. Namun, jika pelanggaran kebijakan yang dilakukan terkait dengan masalah hukum, Apple tidak akan mengizinkan aplikasi bersangkutan untuk memanfaatkan opsi ini. 

Dilansir dari Techcrunch (23/6), Apple tidak akan langsung menerapkan kebijakan baru ini. Perusahaan tersebut rencananya akan menerapkannya secara bertahap. Perubahan ini sendiri baru akan dilakukan pada Juli mendatang. 

Share
×
tekid
back to top