sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Kamis, 11 Apr 2024 14:19 WIB

Apple memperbarui aturan App Store: Mengizinkan pengguna untuk mengakses emulator permainan konsol retro

Langkah terbaru ini memberikan lampu hijau bagi pengguna untuk mengakses emulator permainan konsol retro dengan kemampuan mengunduh judul secara langsung.

Apple memperbarui aturan App Store: Mengizinkan pengguna untuk mengakses emulator permainan konsol retro

Apple telah mengumumkan pembaruan terbaru terhadap peraturan App Store yang memiliki potensi untuk mengubah lanskap gaming mobile secara global. Langkah terbaru ini memberikan lampu hijau bagi pengguna untuk mengakses emulator permainan konsol retro dengan kemampuan mengunduh judul secara langsung.

Dikutip dari techcrunch (11/4), dibalik kemudahan ini, Apple menegaskan bahwa tanggung jawab untuk memastikan kepatuhan terhadap hak cipta tetap berada pada para pengembang aplikasi. Ini merupakan langkah ambisius yang mungkin akan mendorong sejumlah pengembang untuk membawa karya mereka ke App Store.

Sebelumnya, pengguna Android telah menikmati akses ke berbagai emulator untuk memainkan klasik-klasik lama di perangkat mereka. Dengan pembaruan ini dari Apple, pasar gaming mobile akan semakin terbuka, sementara Apple sendiri berpotensi meraup pendapatan tambahan melalui mekanisme pembelian dalam aplikasi.

Pada bulan Januari lalu, dalam mengikuti arus perubahan regulasi UE, Apple telah mengumumkan serangkaian aturan baru yang juga mencakup izin bagi toko permainan streaming secara global. Selain itu, aturan baru tersebut juga mendukung pembelian dalam aplikasi untuk mini-games dan chatbot AI.

Pembaruan terbaru juga memperbolehkan plug-in untuk mencakup mini-aplikasi berbasis HTML5, yang dapat menjadi langkah strategis untuk memperluas layanan yang ditawarkan oleh aplikasi seperti WeChat.

Namun, di tengah momentum perubahan ini, perusahaan masih harus berhadapan dengan tantangan. Sebagai contoh, Departemen Kehakiman AS baru-baru ini menggugat Apple, dengan salah satu fokus utamanya adalah atas kebijakan sensor super aplikasi.

Selain itu, dalam upaya untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, Apple juga mengizinkan layanan streaming musik seperti Spotify untuk menampilkan informasi tentang langganan dan pembelian digital lainnya. Namun, pertarungan antara Apple dan Spotify belum berakhir, dengan permintaan Spotify untuk pembaruan aplikasi mereka masih menunggu persetujuan dari Apple.

Pembaruan ini mencerminkan dinamika yang terus berubah di balik layar besar industri teknologi, di mana kebebasan dan kendali terus bertarung untuk mendominasi panggung utama.

Share
×
tekid
back to top