sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Senin, 17 Jun 2024 12:59 WIB

Apple adopsi RCS di iOS 18 diam-diam

Apple hampir tidak membahas manfaat adopsi RCS bagi pengguna, seperti kemampuan mengirim foto dan video berkualitas tinggi.

Apple adopsi RCS di iOS 18 diam-diam

Apple mengumumkan akan mendukung Rich Communication Services (RCS) di iOS 18, mengakhiri ketidaksetaraan fitur antara iMessage dan Android. Namun, pengumuman ini disampaikan secara diam-diam dan nyaris tidak mendapatkan sorotan. 

Dilansir dari The Verge (17/6), dalam pengumuman yang dibuat pada 15 Juni 2024, Apple lebih banyak menyoroti fitur-fitur baru yang akan hadir di iMessage seperti teks tebal dan miring, peningkatan Tapbacks, serta kemampuan untuk menjadwalkan pesan. Sebaliknya, Apple hampir tidak membahas manfaat adopsi RCS bagi pengguna, seperti kemampuan mengirim foto dan video berkualitas tinggi, serta dukungan untuk tanda terima baca dan indikator mengetik lintas platform.

Pada halaman pratinjau iOS 18, RCS hanya disebutkan dalam kalimat singkat tanpa menyebut Android secara eksplisit. "Pesan RCS (Rich Communication Services) menghadirkan media yang lebih kaya dan tanda terima baca serta pengiriman untuk mereka yang tidak menggunakan iMessage," demikian bunyi keterangan singkat tersebut.

Dukungan terhadap RCS ini datang setelah Apple mendapat tekanan besar dari regulator global dan perusahaan saingan. Seluruh operator utama telah mengadopsi RCS, menjadikan Apple satu-satunya yang belum beralih. Tekanan publik juga ikut mendorong perubahan ini, terutama setelah pernyataan kontroversial CEO Apple, Tim Cook, yang menyarankan seorang pengguna untuk membeli iPhone bagi ibunya agar masalah komunikasi terselesaikan.

Seorang juru bicara Apple, Jacqueline Roy, sebelumnya mengatakan bahwa RCS akan bekerja bersama iMessage yang tetap menjadi layanan pesan terbaik dan paling aman bagi pengguna Apple. Meski demikian, keputusan ini dipandang banyak pihak sebagai langkah terpaksa yang diambil Apple.

Pengguna Android menyambut baik keputusan ini meskipun disayangkan tidak ada perayaan besar dari Apple. "Ini adalah peningkatan besar bagi pengguna Android dan iPhone," kata Emma Roth, seorang penulis teknologi. "Sayangnya, penyatuan sistem pesan yang telah lama ditunggu-tunggu ini tenggelam oleh perhatian pada fitur-fitur baru iMessage dan emoji AI."

Dengan adopsi RCS ini, pengguna iPhone dan Android akhirnya bisa menikmati kualitas foto dan video yang lebih baik, serta fitur pesan yang lebih kaya. Meskipun demikian, Apple tampaknya memilih untuk meremehkan pentingnya perubahan ini dalam pengumumannya.

Share
×
tekid
back to top