sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Senin, 08 Apr 2024 14:38 WIB

Apple siap bayar 50 juta dollar untuk mendapatkan lisensi jutaan gambar AI

Apple berencana untuk menghabiskan hingga $50 juta untuk mendapatkan lisensi jutaan gambar dari Shutterstock.

Apple siap bayar 50 juta dollar untuk mendapatkan lisensi jutaan gambar AI

Apple dikabarkan akan mengeluarkan hingga $50 juta untuk mendapatkan lisensi jutaan gambar dari Shutterstock dalam rangka mengembangkan kecerdasan buatan (AI). Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk melatih chatbot generatif AI.

Dilansir dari Phone Arena (8/4), kabar ini mencuat setelah sebelumnya Apple melakukan pembicaraan dengan berbagai organisasi media seperti NBC News, Condé Nast, serta IAC dengan nilai kontrak mencapai $50 juta untuk memperoleh konten dari mereka. Rencananya, konten tersebut akan digunakan untuk melatih chatbot generatif AI.

Meskipun belum ada kepastian apakah kesepakatan tersebut telah tercapai, namun menurut laporan dari Apple Insider, Apple berencana untuk menghabiskan hingga $50 juta untuk mendapatkan lisensi jutaan gambar dari Shutterstock. Google, Amazon, dan Meta juga telah menggunakan lisensi foto dari Shutterstock untuk kemampuan AI visual mereka.

Informasi lebih lanjut terkait inisiatif AI Apple diperkirakan akan diumumkan pada WWDC 2024 yang akan digelar pada 10 Juni mendatang. Salah satu pembicaraan yang diantisipasi adalah mengenai fitur baru berbasis AI yang akan hadir di iOS 18, termasuk kemungkinan adanya AI App Store yang memungkinkan pengguna iPhone untuk mengunduh aplikasi AI.

Selain itu, Siri, asisten digital Apple, juga diprediksi akan mengalami pembaruan AI untuk meningkatkan kinerjanya. Apple berkomitmen untuk menjaga privasi pengguna dengan mengembangkan Large Language Models (LLMs) yang akan menggunakan teknologi di perangkat.

Meskipun demikian, ada laporan dari Bloomberg Mark Gurman yang menyatakan bahwa iOS 18 mungkin tidak akan mencakup chatbot generatif, melainkan lebih difokuskan pada peningkatan kinerja Siri dalam membantu pengguna dalam kegiatan sehari-hari.

Dengan berbagai spekulasi yang berkembang, Apple sepertinya masih dalam tahap pengembangan generative AI chatbot untuk masa mendatang. Diskusi terus berlanjut, termasuk dengan perusahaan media seperti Shutterstock. Semua mata akan tertuju pada WWDC 2024 untuk melihat kemajuan terbaru dalam upaya Apple dalam menghadirkan AI yang lebih canggih dan bermanfaat bagi pengguna.

Share
×
tekid
back to top