sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Selasa, 07 Des 2021 12:47 WIB

Apple MacBook Pro tiba-tiba terbakar, pengguna cedera ringan

MacBook Pro tersebut ditempatkan di bawah tempat tidur dalam mode Sleep dan tidak sedang dalam keadaan mengisi daya.

Apple MacBook Pro tiba-tiba terbakar, pengguna cedera ringan

Seorang pemilik Apple MacBook Pro baru-baru ini menderita luka ringan karena baterai laptopnya tiba-tiba terbakar. Laptop yang dimaksud di sini adalah MacBook Pro 2015. Untuk diketahui, ini adalah model yang dilarang dari beberapa maskapai penerbangan karena baterainya dianggap berpotensi kebakaran.

Pengguna Reddit u/Squeezieful membagikan detailnya di platform media sosial ini. Dia menunjukkan tangannya yang mengalami luka bakar ringan setelah mencoba mengeluarkan laptop yang terbakar dari bawah tempat tidurnya. Meskipun pengguna hanya mengalami luka ringan, potensi kerusakannya bisa sangat besar karena api mungkin akan menyebabkan kerusakan properti besar atau bahkan luka yang lebih parah.

Dilansir dari Gizmochina (7/12), MacBook Pro tersebut ditempatkan di bawah tempat tidur dalam mode Sleep dan tidak sedang mengisi daya. Tetapi kemudian, pemiliknya terbangun oleh asap yang disebabkan oleh lelehan plastik casing laptop dan kemungkinan juga karena baterai lithium ion yang terbakar. Ini mendorongnya untuk mengeluarkan laptop dari bawah tempat tidur, yang bahkan menyebabkan karpet di bawahnya terbakar.

Pengguna Reddit tersebut dapat dianggap beruntung saat melihat asap, karena asap beracun dan api bisa saja berakibat fatal. Pada 2015 lalu, Apple telah melakukan penarikan besar-besaran untuk laptop MacBook Pro 15 inci yang dijual antara bulan September 2015 dan Februari 2016.

Penarikan itu terjadi ketika sejumlah unit MacBook Pro mulai menghadapi insiden seperti pembengkakan dan ledakan. Ini bahkan menyebabkan kerusakan seperti properti dan membuat model ini dibeli label sebagai bahaya kebakaran. Artinya, insiden nahas yang baru-baru ini kemungkinan disebabkan oleh pengguna yang memiliki versi MacBook yang bermasalah tersebut. Pengguna Reddit itu menyatakan bahwa laptopnya “sudah diservis untuk masalah ini,” ketika dia telah mengirimkan nomor modelnya ke dalam formulir program penarikan baterai. Masih harus dilihat bagaimana Apple menanggapi hal ini.

Share
×
tekid
back to top