sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Sabtu, 27 Nov 2021 11:18 WIB

Apple kalahkan vivo jadi merek smartphone terbesar di Tiongkok

Apple memberikan kejutan dengan menggeser vivo untuk muncul sebagai vendor ponsel nomor 1 di Tiongkok.

Apple kalahkan vivo jadi merek smartphone terbesar di Tiongkok

Apple iPhone dan produk lainnya sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Tiongkok. Ini sebagian besar karena kualitasnya – baik sisi hardware maupun software. Namun perusahaan asal AS ini mulai mengalami penurunan kekayaan di Tiongkok sebagai akibat dari munculnya perusahaan-perusahaan lokal seperti Xiaomi, OPPO, vivo, dan Huawei yang cenderung menawarkan ponsel unggulan dengan kualitas kamera yang hampir sama seperti iPhone dengan setengah harga.

Meski demikian, pergeseran ke desain yang lebih menarik dengan bezel lebih tipis dari iPhone sebelumnya tampaknya telah membuat Apple bangkit. Pasalnya, ponsel itu telah mengalami peningkatan yang stabil dalam kekayaannya sejak iPhone X hingga saat ini. Kenaikan ini memuncak pada peringkat Apple di antara 4 merek teratas di Tiongkok pada September 2021.

Dilansir dari Gizmochina (27/11), sebuah laporan oleh firma riset pasar Counterpoint Research kini telah mengungkapkan bahwa Apple memberikan kejutan dengan menggeser vivo untuk muncul sebagai vendor ponsel nomor 1 di Tiongkok. Perusahaan riset tersebut mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya sejak Desember 2015 Apple muncul sebagai vendor ponsel terbesar di Tiongkok.

Prestasi itu tidak diragukan lagi, berkat kontribusi iPhone 13 yang dirilis belum lama ini. Penjualan merek tersebut tumbuh 46% untuk bulan September. Ini adalah pertumbuhan tertinggi yang tercatat pada Oktober 2021 oleh vendor mana pun di Tiongkok.

Sebaliknya, seluruh pasar ponsel Tiongkok tumbuh hanya sebesar 2% bulanan (MoM) selama periode tersebut. Sementara itu, jatuhnya Huawei sebagai akibat dari larangan perdagangan AS berkontribusi pada pertumbuhan Apple. Ponsel flagship Huawei sering mengalahkan Apple dalam hal keunggulan kamera di DXOMark. Ponsel ini juga menawarkan kualitas bodi dan fitur yang sama seperti iPhone tetapi dengan penawaran harga yang lebih rendah.

Share
×
tekid
back to top