sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 18 Apr 2022 11:05 WIB

Apple Car dirumorkan berbasis carOS dengan sistem kontrol dasbor tengah seperti Tesla

Apple dirumorkan sedang mengembangkan mobil listrik bernama Apple Car. Kendaraan ini akan berbasis sistem operasi carOS.

Apple Car dirumorkan berbasis carOS dengan sistem kontrol  dasbor tengah seperti Tesla

Apple sudah lama dirumorkan akan meluncurkan mobil listrik otonom mereka, yakni Apple Car. Saat ini ada beberapa informasi baru untuk rumor ini, salah satunya terdapat sumber yang mengatakan bahwa kendaraan listrik tersebut akan didukung oleh carOS yang dibuat khusus oleh Apple.

Berita ini berasal dari DigiTimes, dan meski nama carOS tidak disebutkan secara spesifik, prediksinya adalah bahwa Apple sedang mengembangkan platform perangkat lunak yang dapat mengontrol setiap aspek fungsi mobil – mulai dari menyalakan mesin hingga memainkan lagu dari library Apple Music.

Dilansir dari Techradar (18/4), platform perangkat lunak itu juga akan menggunakan layar dasbor tengah yang besar seperti mobil Tesla saat ini. Dasbor pada mobil listrik Tesla didominasi oleh layar, dan tidak menawarkan tombol fisik atau dial.

Laporan yang sama juga menyebutkan Domain Control Unit (DCU) untuk Apple Car, yang tampaknya menangani semua pemrosesan data yang diperlukan selama mengemudi. Sebuah perusahaan Korea yang tidak disebutkan namanya sedang mengerjakan DCU untuk Apple.

Jika apa yang diinformasikan di sini benar, sepertinya DCU dan carOS akan menangani semua yang terjadi di dalam mobil. Dengan kata lain, ini merupakan sesuatu yang jauh di luar kebiasaan pengguna dengan pengalaman CarPlay yang ada – peta, musik, dan aplikasi audio lainnya.

Kita tidak banyak mendengar tentang Apple Car dalam beberapa bulan terakhir. Memang, beberapa eksekutif dilaporkan telah meninggalkan proyek – tetapi detail informasi disini menunjukkan bahwa Apple masih bergerak maju dengan rencananya untuk mengeluarkan kendaraan listriknya sendiri.

Membuat mobil tidak mudah, seperti yang telah dilakukan Tesla. Namun jika ada perusahaan yang memiliki sumber daya dan pengetahuan untuk melakukannya, bisa berarti ini adalah Apple. Masih belum diketahui apakah Apple Car akan muncul, tetapi jika iya, ini bisa sama pentingnya dengan peluncuran iPhone pertama.

Share
×
tekid
back to top