Apple Aperture tidak bisa digunakan lagi dalam beberapa bulan

Apple mengungkapkan bahwa kompatibilitas Aperture dengan Mac akan segera berakhir setelah rilis besar terbaru sistem operasi meluncur pada September 2018.

Apple Aperture tidak bisa digunakan lagi dalam beberapa bulan

Pada tahun 2014 lalu, Apple telah menghentikan Aperture. Meski demikian masih ada fotografer yang memilih terus menggunakan aplikasi manajemen pengeditan foto milik Apple tersebut. Dilansir dari PetaPixel (30/4), aplikasi Aperture dikabarkan tidak akan berjalan lagi di sistem Mac setelah macOS Mojave.

Dalam sebuah artikel baru di halaman dukungannya, Apple mengungkapkan bahwa kompatibilitas Aperture dengan Mac akan segera berakhir setelah rilis besar terbaru pada sistem operasi meluncur pada September 2018. Artikel ini memberikan detil terkait bagaimana pengguna Aperture dapat memindahkan perpustakaan foto mereka ke Apple Photos atau Adobe Lightroom.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kenapa Apple Watch jadi smartwatch terbaik?

Apple luncurkan MacBook Pro 16, lebih besar lebih baik

Sensor 3D di iPad mendatang punya kemampuan AR dan VR


“Pada Juni 2014, Apple mengumumkan penghentian pengembangan Aperture. Sejak saat itu, Apple telah merilis lima pembaruan utama macOS,” kata Apple. “Untuk alasan teknis, Aperture tidak akan berjalan di versi macOS mendatang setelah macOS Mojave. Jika Anda ingin terus bekerja dengan perpustakaan foto Aperture, Anda harus memigrasikannya ke aplikasi Photos yang disertakan dengan macOS atau memigrasikannya ke Adobe Lightroom Classic.”

“Sebagai bagian dari transisi dari 32 bit ke 64 bit, file media tertentu yang dibuat menggunakan format atau codec lawas juga tidak akan kompatibel dengan versi MacOS di masa depan setelah macOS Mojave,” tulis MacRumors.

Jika kamu pengguna Lightroom Classic v5.7 ke atas, ada tool bawaan yang memungkinkan untuk memindahkan perpustakaan Aperture ke katalog Lightroom. Organisasi perpustakaan, metadata, dan penyesuaian dapat dilakukan melalui transisi dengan beberapa pengecualian.

Versi macOS berikutnya belum diumumkan, jadi kamu masih memiliki waktu untuk menyelesaikannya. Kamu juga dapat memilih untuk tetap menggunakan macOS Mojave ketimbang memperbarui ke versi berikutnya ketika sudah dirilis. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: