sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
Rabu, 02 Jun 2021 07:58 WIB

Apple andalkan pemasok asal Tiongkok di 2020

Daftar 200 teratas itu juga menunjukkan semakin pentingnya produsen Tiongkok dalam rantai pasokan Apple.

Apple andalkan pemasok asal Tiongkok di 2020

Apple baru-baru ini merilis daftar 200 pemasok teratas pada 2020. Daftar ini menunjukkan keberadaan sejumlah pamasok asal Tiongkok. Setelah sengketa perdagangan antara AS dan Tiongkok, Apple mulai memindahkan sebagian besar manufaktur iPhone dari Tiongkok ke negara lain seperti Vietnam. Meskipun ada pengurangan jumlah pemasok pada 2009, jumlah produsen Tiongkok yang merupakan bagian dari rantai pasokan Apple meningkat menjadi dua belas pada tahun 2020.

Daftar 200 teratas itu juga menunjukkan semakin pentingnya produsen Tiongkok dalam rantai pasokan Apple. Dalam hal wilayah, Tiongkok daratan memiliki jumlah perusahaan baru tertinggi yang ditambahkan ke daftar.

Di Taiwan, ada enam perusahaan ditambahkan dan enam perusahaan yang dihapus juga. Perusahaan yang baru ditambahkan termasuk pabrikan modul termal terkemuka Shuanghong, Kangkong, GIS, Maolin, Jiaze, dan Jing Technology. Sementara Zhenglong, Fuyang Technology, dan anak perusahan TPK - Jingjia Optoelectronics, Darfon, Meilv, dan Mingxiang Technology tidak menjadikannya sebagai pemasok Apple pada tahun 2020.

Dilansir dari Gizmochina (2/6), pemasok yang berbasis di Hong Kong, Shanghai Industrial Holdings kembali ke daftar rantai pasokan setelah dihapus tahun sebelumnya. Namun, pemasok domestik Artesyn Technology, Cathay Pacific, dan Chungaliang Technology tidak ada dalam daftar.

Daftar tersebut juga menunjukkan bahwa Apple telah mendapatkan beberapa pemasok baru di AS dan ini termasuk Universal Semiconductor. Di sisi lain, Viavi Solutions, yang dikenal sebagai pemasok komponen laser pemancar permukaan rongga vertikal (VCSEL), dan Cypress Semiconductor telah dihapus dari daftar.

Pabrikan asal Jepang, SMK Group dan anak perusahaan Sharp Group, Kangdazhi, serta Japan Seiko, dan lainnya disingkirkan. Toshiba digantikan oleh Kioxia, dan NGK Special Ceramics juga masuk dalam daftar pemasok baru.

Apple juga menambahkan produsen komponen baru Korea Selatan – Samsung Electro-Mechanics, pemasok RFPCB sementara produsen soft board Interflex telah dihapus, tampaknya digantikan oleh pemasok Tiongkok.

Share
×
tekid
back to top