AMD perkenalkan GPU 7nm pertama mereka

Meski telah memperkenalkan GPU yang bernama MI60 tersebut, AMD menargetkan GPU ini untuk mereka yang membutuhkan pengolahan data dalam jumlah besar.

AMD perkenalkan GPU 7nm pertama mereka Radeon Instinc (AMD)

AMD baru saja memperkenalkan prosesor terbaru mereka yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm yakni Zen 2. Namun ternyata, selain memperkenalkan prosesor tersebut, mereka juga memperkenalkan GPU terbaru mereka dengan teknologi fabrikasi yang sama bernama Radeon Instinct MI60.

Mereka menjelaskan, GPU ini memang bukan ditujukan untuk konsumen umum. Tapi, perusahaan pesaing Intel tersebut menargetkan GPU ini untuk pasar High-performance computing (HPC) alias komputer yang mengolah data dalam kapasitas yang sangat besar.

GPU ini memiliki basis GPU Vega 20 dengan banyak peningkatan performa. Salah satunya adalah peningkatan kecepatan prosesor hingga di angka 7GHz. Tentu saja, kecepatan ini bukan kecepatan yang biasa ditemukan di GPU biasa.

Wccftech (7/11) melaporkan bahwa GPU ini akan memiliki total 64 Compute Unit yang menghasilkan 4096 stream processor. Ada juga dukungan teknologi memori terbaru milik AMD, yakni High Bandwidth Memory generasi ke-2 (HBM 2) yang memiliki kecepatan transfer data 1TB per detik, sekaligus memiliki jumlah memori sebesar 32GB. Mereka menggunakan empat tumpukan HBM 2 untuk mendapatkan transfer data tersebut. 

Terlebih lagi, dalam GPU ini memiliki total 13,23 miliar transistor yang dikemas dalam penampang seluas 331mm persegi. Hal ini membuat GPU tersebut merupakan GPU terpadat saat ini. Untungnya, meski bertenaga, konsumsi daya yang diperlukan untuk menjalankan GPU ini cukup irit. Pengguna hanya akan menyediakan daya 300 watt untuk menjalankan kartu grafis tersebut.

Selain spesifikasi yang apik, Radeon Instinct MI60 menggunakan perangkat lunak ROCM AMD terbaru. Tak ketinggalan, AMD menyematkan teknologi Machine Learning baru yang akan memperluas upaya AMD dalam ruang Deep Learning dan Artificial Intelligence. Terakhir, AMD menjanjikan akan meluncurkan GPU terbaru ini tahun depan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: