sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Minggu, 07 Jan 2024 18:05 WIB

AMD bakal pamerkan dua produk AI Engine otomotif terbaru di CES 2024

AMD akan memamerkan dua produk AI Engine otomotif terbaru yakni SoC adaptif Versal AI Edge XA dan prosesor Ryzen Embedded V2000A series pada acara CES 2024.

AMD bakal pamerkan dua produk AI Engine otomotif terbaru di CES 2024
Sumber: AMD

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, AMD mengaku akan membawa serta dua produk AI Engine otomotif terbarunya pada acara CES 2024. Kedua produk tersebut yakni SoC adaptif Versal AI Edge XA dan prosesor Ryzen Embedded V2000A series, yang diklaim akan membawa perubahan signifikan dalam perkembangan otomotif.

Melalui siaran pers resmi (5/1), AMD menyebut tujuannya memperkenalkan dua produk tersebut lantaran ingin meningkatkan beberapa hal dalam perkembangan otomotif. Adalah infotainment, keselamatan pengemudi hingga otomatisasi berkendara yang coba diupayakan oleh AMD.

Dengan bekerja sama dengan sejumlah mitra otomotif, AMD akhirnya mampu merancang kedua produk tersebut hingga kemudian dapat ditampilkan pada CES 2024 mendatang. Tentunya ini baru langkah awal bagi AMD, sebab ke depannya masih bakal ada banyak produk berbasis Artificial Intelligence (AI) lainnya yang akan diperkenalkan terutama dalam bidang otomotif.

Membahas soal produk yang bakal diperkenalkan, pertama yakni SoC adaptif Versal AI Edge XA. Produk dengan AMD 7 nm pertama ini memungkinkan perangkat dioptimalkan lebih lanjut untuk berbagai sistem dan aplikasi seperti kamera depan, pemantauan kabin, radar 4D, tampilan sekeliling, parkir otomatis hingga otomatisasi berkendara.

Selanjutnya ada Prosesor Ryzen Embedded V2000A series yang bakal menjadi ‘otak’ dari kokpit digital otomotif mulai dari konsol infotainment hingga tampilan penumpang. Dengan adanya prosesor ini pengendara diharapkan bisa merasakan sensasi mengakses PC kendati sedang berada di dalam mobil.

Senior vice president dan general manager AMD, Salil Raje mengaku sudah tidak sabar untuk memperkenalkan kedua produk AI Engine terbarunya ini di CES 2024 nanti. Salil menegaskan peluncuran ini sebagai bukti nyata AMD dalam memajukan masa depan industri otomotif dunia.

“Saat kami menantikan Consumer Electronics Show (CES) pada 2024, kami bersemangat untuk menunjukkan pencapaian kami melalui kerja sama dengan mitra ekosistem kami yang akan memajukan masa depan industry otomotif,” ungkap Salil Raje.

Adapun acara CES 2024 akan berlangsung mulai 9-12 Januari mendatang di Las Vegas, Amerika Serikat. Selain AMD ada beberapa mitra ekosistem otomotif yang juga terlibat dalam acara tersebut di antaranya yakni Blackberry, Cognata, ECARX, Hesai, Luxoft, QNX, QT, Robosense, SEYOND, Tanway, Visteon, dan XYLON.

Share
×
tekid
back to top