sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Kamis, 04 Jan 2024 13:59 WIB

Lebih kencang, ini bocoran performa AMD Ryzen 7 8700G

Setelah bocoran Ryzen 5 8600G kini giliran Ryzen 7 8700G yang mulai terungkap mulai dari data spesifikasi hingga skor Geekbench yang dihasilkan.

Lebih kencang, ini bocoran performa AMD Ryzen 7 8700G
Sumber: AMD

Masih dalam rangkaian perilisian prosesor Ryzen 8000G series, kini giliran informasi mengenai AMD Ryzen 7 8700G yang sudah mulai terkuak di internet. Prosesor ini dinilai akan lebih baik dalam menawarkan grafis terintegrasi dan cepat daripada model sebelumnya.

Dilansir dari videocardz (4/1), prosesor ini merupakan model terbaru dari AM5 yang mana memiliki spesifikasi 8 Zen4 cores dan 16 threads. Ini berbeda dengan Ryzen 5 8600G yang sebelumnya diketahui hanya memiliki konfigurasi 6 cores dan 12 threads.

Prosesor ini juga akan meloncati dua generasi sekaligus yakni dari Vega graphics menuju RDNA3 yang terbaru, sehingga diklaim akan jauh lebih cepat. Bocoran berikutnya yakni prosesor ini akan memiliki fitur Radeon 780M graphics dengan 12 compute units serta peningkatan kinerja hingga mencapai angka 2,9 GHz. 

Adanya fitur lower thermal dan power constraints juga semakin menambah performa yang akan dihasilkan oleh prosesor ini dengan peningkatan di atas 3,0 GHz. Semua spesifikasi itu jelas akan mempengaruhi skor Geekbench dari prosesor ini mulai dari OpenCL hingga Vulkan APIs.

Dari hasil pengujian Geekbench, prosesor ini memiliki skor OpenCL 29244 poin dan Vulkan Apis menunjukkan angka 35427 poin. Melihat skor tersebut maka prosesor ini dapat dibandingkan dengan model lainnya seperti Ryzen 7 5700G yang masih menggunakan RX Vega 8 dan tampaknya prosesor model terbaru terbukti dua kali lebih cepat.

Terlepas dari data bocoran tersebut, memang sejauh ini belum ada ulasan lebih lanjut mengenai pengujian prosesor ini. Akan tetapi mungkin tidak lama lagi bakal ada bocoran menarik lainnya sebelum jadwal perilisan produk yang hingga saat ini masih dirahasiakan. 

Share
×
tekid
back to top